30 Persen Angkutan Mudik Tak Laik Jalan

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 09 Jun 2017 17:22 WIB
mudik lebaran 2017
30 Persen Angkutan Mudik Tak Laik Jalan
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto Iskandar (baju putih) memeriksa bus di terminal Cirebon, Jabar. (Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Cirebon: Kementerian Perhubungan menyatakan 30 persen angkutan mudik tahun 2017 ini tidak laik jalan. Hasil tersebut didapatkan dari pemeriksaan sejumlah angkutan mudik 2017 di 15 Provinsi.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto Iskandar mengatakan, saat ini pihaknya baru merampungkan sekitar 70 persen pemeriksaan terhadap kendaraan angkutan mudik.

“Dari total 70 persen itu, 30 persen di antaranya tidak laik jalan,” kata Pudji di Cirebon, Jawa Bara, Jumat, 9 Juni 2017.

Jumlah kendaraan yang tidak lolos pemeriksaan dan masuk kategori tidak laik jalan didominasi bus antarkota antarprovinsi (20 persen) dan pariwisata (10 persen).

Pudji meminta petugas penguji maksimal dalam melaksanakan tugasnya. “Kita masih ada waktu hingga H-10 nanti, untuk melakukan pemeriksaan,” kata Pudji.

Selain kepada petugas, Pudji juga meminta keterlibatan Perusahaan Otobus (PO) untuk ikut mempersiapkan kendaraan yang akan menjadi angkutan mudik. Sehingga, pemeriksaan kendaraan tidak lagi bergantung kepada petugas penguji yang ada di terminal.

“Kalau dari PO-nya sudah siap, pemeriksaannya juga akan lebih mudah dan cepat,” kata Pudji.

Pudji meminta  PO memberikan pemahaman kepada para sopir terkait perilaku berkendara. Hal tersebut dikarenakan saat dirinya memeriksa satu bus di Terminal Harjamukti Cirebon, sopirnya tidak menggunakan sabuk pengaman.

“Ini merupakan hal sepele, namun vital. Perilaku pengemudi juga harus diperbaiki,” kata Pudji.


(SAN)