Pemkab Purwakarta Beri Ganti Rugi Petani yang Gagal Panen

Reza Sunarya    •    Kamis, 24 Nov 2016 08:59 WIB
purwakarta ads
Pemkab Purwakarta Beri Ganti Rugi Petani yang Gagal Panen
Pemkab Purwakarta memberi ganti rugi satu hektare sawah yang gagal panen, akan mendapatkan uang asuransi Rp10 juta (Foto:Reza Sunarya)

Metrotvnews.com, Purwakarta: Petani yang gagal panen di Kabupaten Purwakarta,Jawa Barat, tidak perlu resah. Mereka akan mendapatkan ganti rugi  melalui skema asuransi. Setiap satu hektare sawah yang gagal panen, akan mendapatkan uang asuransi Rp10 juta.
 
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta pada 2017 akan menggelontorkan anggaran khusus bagi para petani yang mengalami gagal panen akibat serangan hama.

"Selama ini petani sabar, makanya harus ada yang menjamin. Hasil kerja mereka itu sangat memengaruhi kehidupan kita," kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Skema asuransi merupakan up grade dari program pemerintah pusat dengan cakupan yang lebih luas dan nilai klaim asuransi yang lebih besar.


Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi (Foto:Reza Sunarya)

Jika pemerintah pusat hanya meng-cover 2 hektare lahan pertanian saja di satu wilayah, maka di Kabupaten Purwakarta lahan pertanian seluas 46 ribu hektare yang terdiri atas sawah dan palawija, seluruhnya ditanggung Pemkab Purwakarta.
 
Proteksi Pemkab Purwakarta terhadap lahan pertanian bukan hanya melalui skema asuransi saja. Kebijakan lain berupa larangan pembukaan perumahan dan kawasan industri di areal pertanian produktif telah diterapkan sejak 2008.

Mengingat area pertanian merupakan lahan privat milik petani, Dedi Mulyadi mengimbau agar masyarakat Purwakarta tidak menjual lahan pertaniannya untuk digunakan selain tujuan bertani.


(ROS)