Jokowi Minta Warga Jabar Jaga Kerukunan Jelang Pilkada 2018

Jaenal Mutakin    •    Kamis, 28 Dec 2017 17:13 WIB
presiden jokowi
Jokowi Minta Warga Jabar Jaga Kerukunan Jelang Pilkada 2018
Presiden Joko Widodo -- ANT/Abriawan Abhe

Bandung: Presiden Joko Widodo berpesan agar masyarakat Jawa Barat menjaga kerukunan dan persatuan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jabar 2018.

"Tahun 2018 kita akan melaksanakan 171 pilkada serentak di Tanah Air. Di Jawa Barat, ada pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota. Negara ini negara besar. Jangan sampai karena pilihan berbeda sebagai akibat dari demokrasi yang kita jalankan menjadi pecah, tidak rukun lagi. Jangan!" kata Jokowi saat menghadiri perayaan HUT ke-51 Angkatan Muda Siliwangi (AMS) di Gedung Merdeka, Bandung, Kamis, 28 Desember 2017.

Jokowi menegaskan bahwa Indonesia adalah negara besar dengan bermacam-macam agama, suku, dan bahasa. Setiap orang bebas memilih pemimpin yang terbaik tanpa ada intimidasi dan tekanan.

"Saya ingin mengingatkan, kita sebagai saudara sebangsa dan setanah air. Silakan pilih pemimpin yang paling baik. Setelah itu, kita kembali jadi saudara sebangsa setanah air. Jangan sampai tidak saling sapa tetangga, antarkampung, antarteman. Jangan!" seru Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga meminta anggota AMS mengingat kembali semangat dalam Piagam Pendirian AMS. Melestarikan semangat para pahlawan bangsa dan tekad memegang teguh ajaran Ilahi demi kebahagiaan rakyat Indonesia.

"Apakah saudara bersedia membela dan mengamalkan Pancasila?" tanya Jokowi.

Pertanyaan itu dengan kompak dijawab, "mau dan bersedia,".


(NIN)