PDIP, Golkar dan Hanura Sepakat Koalisi di Pilgub Jabar

Roni Kurniawan    •    Jumat, 13 Oct 2017 20:17 WIB
pilgub jabar 2018
PDIP, Golkar dan Hanura Sepakat Koalisi di Pilgub Jabar
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Bandung: Tiga partai politik di Jawa Barat yakni PDIP, Golkar dan Hanura sepakat berkoalisi untuk bertarung di Pilgub Jabar 2018 nanti. Hal itu dipastikan setelah melakukan pertemuan di kantor DPD PDIP Jawa Barat, Jalan Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung, Jumat 13 Oktober 2017.

Menurut Sekertaris DPD PDIP Jabar Abdy Yuhana, telah terjadi kesepahaman antara PDIP, Golkar dan Hanura. Hal itu pun akan segera diresmikan meski pada pertemuan tersebut tidak ada perwakilan dari Hanura dan tetap menunggu keputusan dari DPP masing-masing partai.

"Sudah ada nota kesepahaman antara Partai Golkar dan PDIP. Nanti tinggal ditulis secara resmi dan diberikan kepada masing-masing, DPP dan kita menunggu hasilnya," kata Abdy.

Sementara itu Ketua DPD I Golkar Jabar Dedi Mulyadi menuturkan, kedatangannya sebagai upaya untuk melaksanakan tugas dari DPP guna menggandeng partai untuk berkoalisi. Hal itu diakui Dedi telah menjadi putusan pada rapat pleno di Jakarta yang menyerahkan koalisi kepada daerah.

"Hasil rapat pleno Partai Golkar menugasi saya untuk mencari koalisi. Saya sudah lakukan dalam waktu kurang lebih satu minggu setengah ini. Jadi putusan rapat pleno itu pasti sudah jadi keputusan mutlak partai," ungkap Dedi.

Jika ketiga partai itu berkoalisi, maka akan memperoleh 40 kursi dengan catatan PDIP 20 kursi, Golkar 17 kursi dan Hanura 3 kursi. Tentu jumlah tersebut sudah melebihi batas cukup untuk mengusung calon gubernur ke KPUD Jabar dengan syarat 20 kursi.



(ALB)