Pohon Bertumbangan di 18 Titik di Bandung

Roni Kurniawan, Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 19 Apr 2017 17:46 WIB
cuaca ekstrem
Pohon Bertumbangan di 18 Titik di Bandung
Pohon tumbang di Jalan Dago, Bandung, setelah hujan deras dan angin kencang, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Hujan deras beserta angin kencang terjadi di Bandung, Jawa Barat. Selama kurang lebih satu jam, pohon bertumbangan dan patah di 18 titik di Kota Kembang, Rabu 19 April 2017.

Hujan terjadi sekira pukul 13.30 WIB. Selain angin kencang, petir pun terjadi di langit Bandung.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Prasarana dan Sarana Utilitas Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung Arief Prasetya mengaku mendapat laporan mengenai pohon tumbang. Lokasinya kerap didatangi wisatawan.

"Misalnya Jalan Dago, Jalan WR Supratman, Jalan Badak Singa, dan Jalan Gatot Subroto," kata Arief di Bandung.

Arief mengatakan menerjunkan petugas untuk melakukan evakuasi bekerjasama dengan Dinas Pencegahan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung. Petugas membersihkan pohon tumbang dari bahu jalan. Sehingga pohon tumbang tak mengganggu lalu lintas.


(Sebuah mobil tertimpa baliho di depan Gedung Trans Kota Bandung setelah angin kencang menerjang, MTVN - Octavianus)

"Karena kan pas jam pulang kantor sehingga dikhawatirkan akan macet kalau tidak cepat-cepat diatasi," urainya.

Selain itu, terdapat tiga reklame dengan ukuran raksasa runtuh akibat hujan disertai angin kencang dan petir. Peristiwa itu terjadi di Jalan Gatot Subroto (Gatsu) Bandung dan Jalan Jakarta

"Ada tiga reklame yang roboh, termasuk yang di Jalan Gatsu ini menimpa mobil," kata Kepala Dinas Pencegahan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung, Ferdi Ligaswara.

Tak Ada Korban Jiwa

Ferdi mengatakan tak ada korban jiwa dalam dampak dari cuaca buruk di Bandung. Namun empat mobil dan satu motor rusak akibat tertimpa baliho dan pohon tumbang.

Ferdy menjelaskan, untuk mengantisipasi dampak dari angin kencang dan hujan deras yang melanda Kota Bandung sejak siang hingga sore hari ini, pihaknya menurunkan 47 personel yang disebar ke seluruh Kota Bandung.

"Kita terus siap siaga, apalagi melihat cuaca mulai mendung lagi. Kita himbau masyarakat berhati - hati terutama di titik - titik pohon tumbang dan longsor yaitu daerah bantaran sungai," paparnya.

Pihaknya juga bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk mempercepat arus lalu lintas dan mengevakuasi baliho yang roboh terutama di wilayah Gatot Subroto Kota Bandung.

"Kita target mempercepat arus lalu lintas, kita arahkan unit pompa air di jalan jakarta karena ada genangan air tadi," tandasnya.


(RRN)