320 Kg Ganja Aceh Gagal Diselundupkan ke Jabar

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Jumat, 25 Aug 2017 16:17 WIB
ganja
320 Kg Ganja Aceh Gagal Diselundupkan ke Jabar
BNNP Jabar merilis ungkap kasus penyelundupan ratusan kilogram ganja asal Aceh. (Metrotvnews.com/Octavianus D Sutrisno)

Metrotvnews.com, Bandung: Tiga orang penyelundup ganja dari Aceh ditangkap jajaran Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat. Petugas menyita 323 paket ganja dengan berat total 320 kilogram.

"Tiga tersangka itu adalah M, A, dan SA. Mereka berusaha menyelundupkan ganja dari wilayah Aceh," ungkap Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Jabar, Daniel Y Kartiandhago kepada wartawan di kantor BNNP Jabar, Jumat, 25 Agustus 2017.

Daniel menerangkan, penyitaan diperoleh dari hasil penangkapan tim gabungan BNN RI, BNN Jawa Barat dan Bea Cukai Pelabuhan Tanjung Priok.

Ganja itu diangkut dengan minibus Isuzu Elf bernomor B-7106-IT. Para pelaku menempelkan stiker salah satu perusahaan BUMN untuk mengelabui petugas.

Petugas tak terkecoh. Tersangka A dan SA dibekuk saat minibus tiba di Perum Jaka Permai, Jalan Cemara Raya RT 01/RW 06 A Bekasi Barat, Kota Bekasi. Petugas menemukan ganja yang disembunyikan di lantai kendaraan. "Mereka kita tangkap di wilayah Bekasi pada Selasa 22 Agustus 2017 kemarin," bebernya.

Hasil interogasi, SA mengaku ganja dipesan oleh tersangka M yang beralamat di Kebon Jeruk, Jakbar. Petugas pun meringkus M di rumahnya.

Ketiga tersangka dijerat Pasal 114 ayat 2 jo Pasal 111 ayat 2 jo Pasal 132 ayat 2 UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman penjara minimal enam tahun, atau pidana mati atau penjara seumur hidup dengan denda maksimal Rp25 miliar.


(SAN)