14 Jalan Ditutup saat Bandung Light Festival

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Minggu, 09 Oct 2016 12:00 WIB
lalu lintas
14 Jalan Ditutup saat Bandung Light Festival
Tangkapan layar peta Kota Bandung pada Google Maps.

Metrotvnews.com, Bandung: Pesta puncak peringatan hari ulang tahun Kota Bandung ke-206 akan dimeriahkan dengan pawai obor dan kendaraan hias. Kepolisian setempat bakal merekayasa arus untuk gelaran Bandung Light Festival, Minggu malam, 9 Oktober.

Kabag Ops Polrestabes Bandung AKBP Dede Rojidun mengatakan sedikitnya ada 14 ruas jalan yang ditutup saat kegiatan berlangsung.

Yaitu, Jalan Sentot-Diponogoro, Jalan Cimalaya-Diponogoro, Jalan Djuanda-Sulanja, Djuanda-Rangga Gading, dan Jalan Djuanda-Sultan Agung. Lalu, Jalan RE. Martadinata-Merdeka, Merdeka-Aceh, Jalan Merdeka-Jawa, dan Jalan Merdeka-Lembong.

Kemudian Jalan Lembong-Tamblong, Jalan Tamblong-Naripan, Jalan Tamblong-Asia Afrika, Jalan Asia-Afrika-Braga. Terakhir, Jalan Dalam Kaum-Alun alun Timur. 

Penutupan jalan dilakukan, ketika rombongan peserta Bandung Light Festival melintasi jalan tersebut.

"Ketika rombongan melintas wilayah tersebut, kita langsung tutup jalan dan langsung kita lakukan pengalihan arus untuk mengurai dan menghindari penumpukan kendaraan," bebernya.

Pengalihan arus

Polrestabes Bandung juga bakal merekayasa arus lalu lintas. Seperti di Jalan Sentot menuju Jalan Diponegoro. Kendaraan dari arah utara dan barat layang Pasupati tidak bisa belok kanan, namun diluruskan ke Jalan PHH Mustofa.

Sedangkan kendaraan yang datang dari arah timur Jalan PHH Mustofa dan jalan Diponogoro dialihkan ke Jalan Sentot-Diponogoro-Cisangkuy dan seterusnya.

Untuk penutupan Jalan Cilamaya-Diponogoro, kendaraan yang datang dari arah selatan Jalan Banda mengarah Jalan Cilamaya dialihkan ke Jalan Cimandiri-Cisanggarung.

"Untuk Jalan Merdeka-Aceh, kendaraan yang datang dari arah Jalan Wastukencana meuju Jalan Aceh diluruskan ke Jalan Wastukencana Padjajaran," kata Dede.

Sementara kendaraan yang datang dari arah Purnawarman menuju Jalan Aceh dibelokkan ke kanan menuju Jalan Wastukencana-Padjajaran. Sedangkan dari arah timur Jalan Aceh menuju Jalan Merdeka dibelokkan ke Jalan Kalimantan-Jalan Belitung.

Dede menuturkan, Bandung Light Festival 2016 akan diikuti 75 kendaraan perwakilan dari berbagai kalangan, mulai dari Pemerintah Kota Bandung beserta satuan perangkat daerah, aparat kecamatan, hingga perwakilan komunitas.

"Kegiatan persiapan dimulai di titik awal, sekitar kawasan Gedung Sate Jalan Diponegoro, pada sore hari. Di lokasi tersebut, kendaraan dibariskan sebelum mengikuti pawai," pungkasnya.


(SAN)