Ridwan Kamil Borong 5 'Bingkisan' dari Korea Selatan

Roni Kurniawan    •    Senin, 10 Oct 2016 15:51 WIB
ridwan kamil
Ridwan Kamil Borong 5 'Bingkisan' dari Korea Selatan
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. (Foto: Metrotvnews.com/Roni)

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memborong 'bingkisan' berupa program, usai bertamu ke Ibu Kota Korea Selatan, Seoul, beberapa waktu lalu. Setidaknya, ada lima kerja sama yang akan dibangun Pemkot Bandung dengan Pemkot Seoul di berbagai bidang.

Pertama, pria yang akrab disapa Emil itu mengundang insinyur dari Kota Seoul untuk melakukan proyek revitalisasi sungai Cikapundung pada 2017 mendatang.

"Karena revitalisasi sungai di Korea paling baik sedunia. Jadi kita akan revitalisasi sungai Cikapundung sepanjang satu kilometer dibantu oleh insinyur-insinyur asal Seoul," ujar Emil, ditemui di area kampus Universitas Padjadjaran (Unpad), Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Senin (10/10/2016).

Kedua, Emil akan bekerja sama di bidang pendidikan, yakni memberikan beasiswa kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan para guru Kota Bandung untuk menuntut ilmu di Seoul.

"Program beasiswa dan kursus biayanya dari Pemerintah Seoul, kita akan mengirimkan PNS dan guru," lanjutnya.

Kerjasama ketiga, Emil menggandeng Seoul dalam bidang transportasi untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung. Kemudian menjajaki kerja sama untuk meningkatkan perekonomian Kota Bandung dengan menyediakan suatu kawasan bagi para pengusaha asal Korea dengan nama Street Korea.

"Akan ada Korea Street di Bandung. Sedang kita cari, di mana nanti penyewa-penyewa bangunan itu adalah pengusaha-pengusaha dari Korea, sehingga bisa hadir hubungan dengan Korea ini jauh lebih baik," pungkasnya.

Terakhir, Emil akan menindaklanjuti program Little Bandung yang baru dibuka di Seoul beberapa waktu lalu. Rencanya, Seoul pun akan membuka toko untuk mempromosikan produk-produk asal Negeri Ginseng tersebut.


(MEL)