Hilang 3 Bulan saat Umroh, Biro Perjalanan Pastikan Cicih Meninggal

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 07 Sep 2016 11:39 WIB
wni hilang
Hilang 3 Bulan saat Umroh, Biro Perjalanan Pastikan Cicih Meninggal
Foto ilustrasi. (Media Indonesia/Dika Kardi)

Metrotvnews.com, Cirebon: Aoh Riyadi, 56, mengaku kehilangan istrinya, Cicih Suancih, 57, saat umroh di Mekkah, Arab Saudi, sejak 8 Juni 2016. Kejadian ini dilaporkan ke Polres Cirebon, Jawa Barat.

Agen perjalanan haji yang memfasilitasi umroh mereka, mengaku permasalahan ini sudah selesai. Sebab, pihak keluarga Aoh telah diberitahu bahwa Cicih meninggal. 

"Kasusnya sudah selesai, Ibu Cicih meninggal di Mekkah," kata Direktur Utama Noor'ali Haji dan Umroh, Alfan Nasuha melalui pesan singkat pada Metrotvnews.com yang ia kirim dari Arab Saudi, Rabu (07/09/2016).

Alfan justru meminta untuk mengkonfirmasi kasus kematian warga Bandorasa Kulon, Cilimus, Kabupaten Kuningan tersebut, ke Kementrian Agama.

Ketika ditanya mengenai permintaan keluarga yang menginginkan dokumen yang membuktikan kematian Cicih, Alfan memastikan, berkasnya sudah ada pada dirinya.

"Berkas ada pada saya semua, antum tunggu saja," kata Alfan.

Bukan surat visum

Kemarin, adik Aoh yang bernama Selamet Hidayat Riyadi, melapor berita kehilangan ke Polres Cirebon. Dia bercerita, Aoh dan Cicih berangkat umroh dengan menggunakan jasa travel perjalanan Noor'alia Haji dan Umroh yang ada di Kabupaten Cirebon.


Selamet saat menunjukkan foto Cicih di Polres Cirebon, Jabar. (Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan)
 
Saat diinformasikan bahwa istrinya hilang, Aoh sempat tidak mau pulang dan bersikeras menunggu di Mekkah sampai istrinya ditemukan. Namun, karena janji pihak travel akan menemukan Cicih dengan segera dan memulangkannya ke Indonesia, Aoh pun mau dibujuk pulang.
 
Saat berada di Indonesia, Aoh mendapat informasi dari pihak travel bahwa istrinya meninggal dan dibuktikan dengan surat keterangan visum berbahasa Arab dari RS An-Nur Mekkah.
 
“Tapi, setelah kita terjemahkan, ternyata itu bukan surat visum. Pas kami hubungi rumah sakitnya, tidak ada juga jenazah atas nama Cicih Suancih,” kata Selamet.


(SAN)