Pengemplang Dana PNPM Cirebon Ditangkap

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 01 Sep 2016 19:03 WIB
kasus korupsi
Pengemplang Dana PNPM Cirebon Ditangkap
Kasat Reskrim saat gelar perkara korupsi dana PNPM di Mapolres Cirebon. Foto: Metrotvnews.com/Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Polres Cirebon menangkap tiga pelaku tindak pidana korupsi dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) dan Dana Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dalam pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

Tiga pelaku yang ditangkap Polres Cirebon yaitu J, TS, dan YN. Ketiganya merupakan pengurus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Sumber Rejeki Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon dari 2003 hingga 2011.

Kapolres Cirebon AKBP Sugeng Hariyanto melalui Kasat reskrim AKP Sigit Rahayudi, mengatakan ketiga pelaku menggelapkan dana PNPM dengan modus membuat nama fiktif dalam daftar nama kelompok peminjam. 

Para pelaku juga menggunakan modus lainnya untuk menggelapkan uang PNPM. Yakni, dengan cara tidak mencatat setoran yang sudah diberikan oleh para ketua kelompok ke dalam buku kas.

“Jadi, modusnya itu membuat nama fiktif peminjam dan tidak mencatat setoran dari ketua kelompok,” ujar Sigit, saat gelar perkara di Mapolres setempat, Kamis (1/9/2016).

Pidana korupsi tersebut terbongkar saat dilakukannya musyawarah antardesa tentang dana PNPM pada 2011 lalu di Kecamatan Gegesik. Setelah dilakukan audit penghitungan kerugian negara oleh BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Barat, diketahui besar kerugian negara Rp871 juta.

“Kami juga mengamankan barang bukti uang Rp72 Juta. Pelaku kami tahan setelah semua keterangan dan bukti kami dapatkan,” kata Sigit.


(UWA)