Kawasan Kebonwaru Akan Dibangun Apartemen Rakyat

Roni Kurniawan    •    Kamis, 06 Oct 2016 19:43 WIB
penertiban
Kawasan Kebonwaru Akan Dibangun Apartemen Rakyat
Kawasan Kebonwaru setelah petugas meratakan bangunan milik warga. Foto: Metrotvnews.com/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Kota Bandung berencana membangun apartemen rakyat di atas lahan Kelurahan Kebonwaru, Kecamatan Batununggal. 

Kamis pagi 6 Oktober 2016, petugas gabungan membongkar puluhan bangunan yang berdiri di atas lahan Pemkot Bandung di sana. Pembongkaran rencananya berlanjut hingga lahan seluas 13 hektare di sana bersih dari bangunan liar.

"Sesuai rencana pak wali (Wali Kota Bandung Ridwan Kamil) akan dibangun apartemen rakyat," ujar Kepala Satpol PP Kota Bandung Eddy Marwoto saat memimpin proses eksekusi puluhan bangunan yang masih berdiri di atas lahan tersebut.

Menurut Eddy, apartemen tersebut nantinya diperuntukkan bagi warga Kota Bandung yang kurang mampu. Namun, Eddy belum mengetahui kapan pembangunan apartemen dilakukan. Pembangunan apartemen rakyat akan menjadi tanggung jawab Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kota Bandung.

Pembongkaran itu berdampak pada tergusurnya rumah bagi 52 kepala keluarga. Warga protes karena mereka merasa pembongkaran dilakukan tergesa. 

Eddy membantah celoteh warga. Menurutnya, Pemkot Bandung telah memberi tawaran untuk merelokasi mereka ke apartemen rakyat di kawasan Sadang Serang, Kota Bandung.

"Sejak tahun lalu kita sudah memberikan opsi itu. Kita tidak mungkin menertibkan tanpa memberi solusi," kata Eddy.

Namun, lanjut Eddy, warga memilih bertahan dan justru meminta ganti rugi dengan nilai yang menurut Pemkot Bandung tak masuk akal.

"Kita sebetulnya setuju memberi dana kerohiman Rp5 juta, tapi mereka tak mau. Mereka ingin ganti rugi yang tidak masuk akal, padahal bangunan mereka ilegal," ujarnya.


(UWA)