Beberapa Alat Peraga Kampanye di Bandung Dibongkar

Roni Kurniawan    •    Kamis, 22 Mar 2018 16:09 WIB
pilkada serentak
Beberapa Alat Peraga Kampanye di Bandung Dibongkar
Ilustrasi Pilkada Jabar, Medcom.id - M Rizal

Bandung: Sejumlah alat peraga kampanye (APK) di Kota Bandung, Jawa Barat, dibongkar Panitia Pengawas Kampanye (Panwaslu), Kamis, 22 Maret 2018. Sebab pemasangan APK tak sesuai dengan aturan penempatan.

Menurut Parsan Ilmi Al-Aiman selaku Staf Divisi Pencegahan Antar Hubungan Lembaga Panwaslu Kota Bandung, APK tersebut tidak sesuai dengan rekomendasi yang telah ditetapkan oleh KPU berdasarkan PKPU Nomor 4 Tahun 2017.

"Jadi di situ sudah ditentukan oleh KPU titik-titik untuk pemasangan APK. Tapi masih banyak APK dipasang tidak sesuai aturan," kata Parsan saat penertiban APK di Jalan Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung, Kamis 22 Maret 2018.

Ia menuturkan, untuk hari ini ada 30 titik APK yang ditertibkan. Pasalnya APK itu berada di zona merah atau dilarang yakni dekat dengan tempat ibadah, pendidikan, layanan umum, rumah sakit dan kantor pemerintahan.

"Kita mendapat rekomendasi, untuk hari ini ada 30 titik. Selain tempat, karena dari segi ukuran dan desain juga sudah menyalahi aturan," sambungnya.

Bahkan diakui Parsan, sebahian besar APK yang tersebar baik kandidat Pilwalkot Bandung atau pun Pilgub Jabar tidak mengantongi izin untuk pemasangan di tempat umum.

"Seharusnya izin dulu ke dinas terkait, tapi kami mendapay laporan bahwa hampir seluruh APK yang ada tidak mengajukan izin," tuturnya.

Sementara itu Panwaslu dan Satpol PP Kota Bandung akan rutin menertibkan APK yang telah menjadi pemandangan disetiap sudut jalan. "Satu minggu sekali kita akan tertibkan," tegasnya.


(RRN)