Lumpur Sisa Banjir Bandang Bandung Masih Mengendap

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 22 Mar 2018 15:12 WIB
banjir bandangkota bandung
Lumpur Sisa Banjir Bandang Bandung Masih Mengendap
Petugas pemadam kebakaran Kota Bandung membersihkan lumpur akibat banjir bandang di Jalan A.H Nasution, Bandung. (ANT/RAISAN AL FARISI )

Bandung: Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPPK) Kota Bandung, masih berupaya membersihkan material lumpur sisa banjir bandang di wilayah Jatihandap, Kecamatan Mandalajati, Bandung, Jawa Barat.

Kepala Dinas DPPK Kota Bandung, Ferdi Ligaswara, menuturkan material lumpur masih terlihat di gang-gang rumah warga di Jatihandap.

"Kita turunkan dua unit mobil pancar yang langsung melakukan penyemprotan di RW 16 dan RT 3 Kelurahan Mandalajati, juga Ahmad Yani, karena masih ada lumpur di daerah tersebut," bebernya, Kamis 22 Maret 2018.

Selain lumpur, pihaknya juga membantu warga membersihkan sampah-sampah sisa banjir yang mengendap bersama lumpur di dalam rumah warga.

"Beberapa tanggul yang rusak seperti tanggul Cipamokolan juga sedang diperbaiki oleh Dinas PU Kota Bandung," bebernya.

Ferdi menegaskan, untuk jalan raya, terutama AH Nasution dan Cicaheum, sudah relatif bersih. Dua posko didirikan dan diisi oleh personel teknis seperti BPBD, Diskar, TNI, dan polri untuk memantau kemungkinan banjir susulan yang terjadi tiba-tiba. 

"Lumpur sudah mulai berkurang, secepat mungkin kita bersihkan dalam beberapa hari," pungkasnya.

Sebelumnya, banjir bandang sempat melanda wilayah Jatihandap, Kecamatan Mandalajati Kota Bandung, pada Selasa, 20 Maret 2018. Banjir tersebut meninggalkan material lumpur dan sampah di dalam maupun di luar rumah warga. 


(LDS)