Skywalk Jilid Dua Segera Hadir di Bandung

Roni Kurniawan    •    Kamis, 30 Nov 2017 17:39 WIB
infrastruktur
Skywalk Jilid Dua Segera Hadir di Bandung
Teras Cihampelas yang menjadi model pembangunan pedestarian Pemkot Bandung. Foto: MI / Anggoro

Bandung: Pemerintah Kota Bandung terus berusaha untuk menata pedagang kaki lima (PKL) terutama yang ada di kawasan Cicadas. Pasalnya hingga kini, para PKL di Cicadas masih berjualan di atas trotoar.

Pemkot Bandung berencana akan membangun jalan layang (skywalk) seperti di Teras Cihampelas. Selain untuk area pejalan kaki, area itu pun sebagai solusi Pemkot Bandung untuk merelokasi PKL Cicadas.

"Sudah dianggarkan dan sedang proses bikin skywalk kaya Cihampelas," kata Menurut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, di Hotel Grand Padma Prranger, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Kamis 30 November 2017.

Ada dua lokasi pilihan untuk embangunan skywalk tersebut. Pertama yakni di sepanjang Jalan Cikutra, mulai dari persimpangan Jalan Ahmad Yani hingga persimpangan Jalan PHH Mustopa.

"Atau mulai dari Pos Polisi (Cicadas) sampai jembatan pelangi (Jalan Terusan Jakarta)," lanjut Emil.

Namun Emil belum membeberkan secara rinci rencana proyek skywalk tersebut. Pasalnya, sebanyak 600 PKL Cicadas menjadi target relokasi Pemkot Bandung.

"Karena saya tidak bisa pindahkan PKL tanpa solusi," cetusnya.

Selama ini Pemkot Bandung berupaya untuk mencari tempat baru bagi para PKL Cicadas. Namun beberapa tempat yang menjadi pilihan memiliki kendala, salah satunya di bekas bangunan Matahari Mal Cicadas yang dimiliki salah satu BUMD Provinsi Jabar.

"Selama ini enggak ada lokasi yang bisa kami beli karena banyak masalah. Jadi itu (skywalk) solusinya," pungkasnya.


(SUR)