Banjir di Gedebage Bandung Lebih Cepat Surut

Roni Kurniawan    •    Selasa, 22 Nov 2016 13:03 WIB
bencana banjir
Banjir di Gedebage Bandung Lebih Cepat Surut
Petugas di pos yang merupakan tempat kontrol tol air di persimpangan Gedebage, Bandung, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Tol air menjadi andalan penanganan banjir di kawasan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Saat hujan turun, banjir datang, tol air pun mulai berfungsi.

Pantauan Metrotvnews.com, Selasa 22 November, sebuah bangunan berwarna biru berlokasi di persimpangan Gedebage-Jalan Soekarno Hatta. Bangunan itu menjadi pos kendali banjir.

Dalam ruangan berukuran kurang lebih 3 x 4 meter, petugas mengoperasikan pompa air. Di sisi kiri bangunan, terdapat panel listrik yang berfungsi menyedot banjir dan menyalurkan air ke Sungai Cinambo.

Gedebage merupakan satu dari beberapa lokasi yang kerap banjir di Bandung. Ketinggian banjir di daerah itu bisa mencapai ketinggian satu meter. Itu bahkan terjadi dari tahun ke tahun.

Pada 2016, pemerintah kota membangun tol air di kawasan tersebut. Pemkot Bandung menggandeng perusahaan pengembang Summarecon dalam proyek pengadaan tol air.

Ahmad Sobirin, 36, mengatakan banjir masih terjadi meskipun sudah ada tol air. Saat hujan turun dengan deras, kata Ahmad, banjir merendam jalan raya.

"Terakhir pekan kemarin. Banjir mencapai ketinggian selutut," kata Ahmad saat berbincang dengan Metrotvnews.com di Jalan Soekarno-Hatta, Bandung.

Tapi, ungkapnya, banjir lebih cepat surut. Biasanya, banjir surut dalam waktu lebih tiga jam. Sejak ada tol air, banjir surut kurang lebih satu hingga dua jam.

"Saat saya lihat, banjir langsung disedot dan dialirkan ke sungai," ungkap Ahmad.

Begitu pula dengan Jumiarti, 42. Perempuan yang berjualan dekat simpang Gedebage mengakui banjir di kawasan itu kerap mengakibatkan kendaraan mogok. Ia pun berharap tol air dapat menangani masalah tersebut.

"Bagus ada tol air, air jadi cepat surut. Kasihan juga banyak yang mogok kalau jalan di sini pas banjir," ungkap Jumiarti.

Selain Gedebage, Pemerintah Kota juga merencanakan pembangunan tol air di Pagarsih dan Pasteur. Dua kawasan itu menjadi lokasi banjir dalam beberapa waktu terakhir. 

Baca: Banjir kembali Menerjang Pasteur dan Pagarsih Bandung


Ketinggian banjir kurang lebih semeter. Aktivitas warga lumpuh. Beberapa kendaraan rusak dan terseret arus banjir. Fasilitas umum dan jalan raya terendam. 

Lihat video banjir di Bandung:
 


(RRN)