Pemkot Bandung Ambil Alih Kelola Pasar Baru

Roni Kurniawan    •    Minggu, 30 Dec 2018 17:46 WIB
kota bandung
Pemkot Bandung Ambil Alih Kelola Pasar Baru
Pengalihan pengelolaan itu ditandai dengan penandatanganan serah terima antara PT. Atanaka Persada Permai dan PD. Pasar Bermartabat Kota Bandung. Medcom.id/Roni Kurniawan

Bandung: Masa pengelolaan Pasar Baru Bandung oleh PT Atanaka Persada Permai (APP) telah berakhir pada Sabtu, 29 Desember 2018. Pasar Baru Bandung kembali dikelola Pemerintah Kota Bandung (Pemkot) melalui Perusahaan Daerah Pasar Bermartabat Kota Bandung.

Pengalihan pengelolaan itu ditandai dengan penandatanganan serah terima antara Direktur Operasional PT. Atanaka Persada Permai, Hengki kepada pejabat sementara (Pjs) Direktur Utama PD. Pasar Bermartabat Kota Bandung, Andri Salman, di Pasar Baru Trade Center, Jalan Otto Iskandardinata, Minggu, 30 Desember 2018.

Wali Kota Bandung Oded M. Danilan dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyaksikan langsung proses serah terima tersebut.
 
Selanjutnya, PD Pasar akan mengelola tanah, bangunan, fasilitas sosial, fasilitas umum, fasilitas penunjang lainnya. Termasuk hak pemanfaatan dan pengelolaan Pasar Baru yang telah dikelola oleh PT. Atanaka Persada Permai selama lebih dari 15 tahun.

“Penyelenggaraan pengelolaan Pasar Baru ini dengan tiga pilar pembangunan yaitu inovasi, kolaborasi dan disentralisasi. Antara Direksi PD Pasar dalam mengelola pasar baru ini harus hadir inovasi karena tanpa inovasi itu akan ketinggalan," kata Oded.

Oded pun menargetkan Pasar Baru bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandung di bawah pengelolaan PD Pasar. Pasalnya Oded meliat potensi ekonomi dari Pasar Baru sangat besar untuk menambah PAD.

“Target dari hasil pengelolaan, saya harap akan meningkat PAD ke depannya," sambung Oded.

Pjs. Direktur Utama PD. Pasar Bermartabat Kota Bandung, Andri Salman, mengaku telah menyiapkan konsep untuk menata Pasar Baru. Hal itu pun telah dilakukan PD Pasar selama masa transisi sebulan terakhir untuk memastikan potensi ekonomi di Pasar Baru selain menyewakan lapak untuk berjualan.

“Sebagian bangunan ini akan diperbaiki paling cepat tiga bulan ke depan,” tandas Andri.


(SUR)