Jokowi-Ma'ruf Unggul Jika Pilpres Digelar Hari Ini di Banten

Farhan Dwitama    •    Kamis, 13 Dec 2018 18:30 WIB
pilpres 2019
Jokowi-Ma'ruf Unggul Jika Pilpres Digelar Hari Ini di Banten
Media Survei Indonesia (MSI) menggelar diskusi hasil survei Pilpres 2019 di Abuella Cafe, BSD Tangerang Selatan, Kamis, 13 Desember 2018. Medcom.id/ Farhan Dwitama.

Tangerang: Media Survei Indonesia (MSI) menyebut pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin
unggul 1,68 persen dari pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno jika Pemilihan Presiden dilakukan hari ini di Provinsi Banten. 

Direktur MSI Asep Rohmatullah mengatakan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan terhadap responden warga dari delapan kota kabupaten di Banten, mayoritas pemilik hak suara masih mengunggulkan pasangan Jokowi- Maruf dengan perolehan suara 36,31 persen.

"Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf bersaing ketat dengan Prabowo-Sandi. Gap atau selisih antara keduanya hanya berkisar 1,68 persen saja," kata Asep di Abuella Cafe, BSD Tangerang Selatan, Kamis, 13 Desember 2018.

Asep menjelaskan, dari survei tersebut, massa yang belum menentukan pilihan tercatat sebanyak 29,07 persen. Sementara pasangan Prabowo-Sandiaga hanya memperoleh 34,63 suara dari basis pemilih masyarakat Banten.

Asep mengatakan, kecenderungan pemilih Jokowi menyukai sosok Jokowi-Ma'ruf yang perhatian terhadap rakyat. Sementara pemilih Prabowo-Sandiaga, rata-rata memilih karena alasan kemampuan mengatasi masalah ekonomi.

Menanggapi hasil survei tersebut, Wakil ketua TKD Jokowi-Ma'ruf Banten, Wawan Iriawan mengatakan, hasil survei ini membangkitkan semangat TKD Jokowi-Maruf Banten untuk merebut kemenangan Prabowo di Banten pada tahun 2014 lalu.

"Hasil ini semangat kita untuk reborn dari 2014 ke 2019. Dengan hasil selisih tipis ini kami yakin pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin menang untuk suara masyarakat Banten," ungkap Wawan.

Optimisme itu, lanjut Wawan ditambah dengan derasnya sejumlah dukungan tokoh masyarakat Banten kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf. 

"Kita harus melihat juga dukungan para tokoh Banten, seperti yang dilakukan kemarin oleh keluarga besar Tubagus Chasan Sohib," beber Wawan.


(DEN)