Donasi Pertamina Eco Run 2018 untuk Gajah Sumatera dan Elang Bondol

Hendrik Simorangkir    •    Minggu, 09 Dec 2018 16:22 WIB
pertamina
Donasi Pertamina Eco Run 2018 untuk Gajah Sumatera dan Elang Bondol
Pertamina mengajak para peserta Eco Run 2018 untuk lebih peduli terhadap lingkungan di Q-Big BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Minggu, 9 Desember 2018. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir.

Tangerang: Pertamina mengajak para peserta Eco Run 2018 untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan penggalangan dana untuk konservasi Gajah Sumatera dan Elang Bondol.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan, sebagian hasil penjualan tiket Eco Run 2018 akan didonasikan untuk konservasi dua hewan yang terancam punah tersebut.

"Total donasi terkumpul dari hasil penjualan tiket Pertamina Eco Run 2018 untuk pelestarian satwa Elang Bondol dan Gajah Sumatera itu mencapai lebih dari Rp1 miliar.  Akan disalurkan masing-masing sekitar Rp549 juta untuk pelestarian Elang Bondol dan sekitar Rp549 juta untuk pelestarian Gajah Sumatera," kata Adiatma di Q-Big BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Minggu, 9 Desember 2018.

Baca: Pertamina Eco Run 2018 Galang Energi Lestarikan Negeri

Adiatma menjelaskan, event Eco Run 2018 Pertamina juga menyerahkan bantuan donasi mencapai Rp65 miliar kepada para penerima manfaat program Kemitraan dan Bina Lingkungan Pertamina.

Menurut Adiatma, manfaat tersebut meliputi pelestarian Terumbu Karang di Karang Asem, pengelolaan 15 Rumah Kreatif BUMN (RKB), bantuan Kemitraan kepada 514 peternak udang dan 70 peternak sapi di Lampung, dan bantuan Masjid Baitul Muttaqin di Pidie, Banda Aceh.

Adiatma menambahkan, kegiatan Eco Run 2018 dengan Tema Galang Energi Lestarikan Negeri ini tidak hanya berlari, namun juga merupakan bentuk edukasi Pertamina kepada masyarakat. Bahwa pelestarian alam termasuk menyelamatkan Gajah Sumatra dan Elang Bondol membutuhkan peranan semua kalangan.

"Tujuan utamanya adalah mengajak masyarakat dari berbagai lapisan untuk aktif dan terlibat langsung dalam aksi pelestarian. Dengan aksi nyata pelestarian keanekaragaman hayati secara langsung melalui event Eco Run 2018 ini. Dengan terlibat langsung, maka mereka bisa menyebarkan ke keluarga, teman ataupun melalui media sosialnya," pungkas Adiatma.


(DEN)