Berkah Angkot Mogok bagi Tukang Becak Cirebon

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 16 Aug 2017 15:51 WIB
polemik taksi online
Berkah Angkot Mogok bagi Tukang Becak Cirebon
Warga Kota Cirebon, Jabar memilih naik becak lantaran sopir angkot menggelar aksi mogok selama dua hari. (Metrotvnews.com/Ahmad Rofahan)

Metrotvnews.com, Cirebon: Aksi mogok operasi sopir angkot di Kota Cirebon, Jawa Barat berlanjut. Aksi penolakan pada transportasi berbasis aplikasi itu, membawa berkah bagi para pengayuh becak.

Seperti yang dirasakan Nasika. Tukang becak yang biasa mangkal di depan SMPN 1 Kota Cirebon ini, mengaku, sudah mengangkut penumpang hingga tujuh kali. Padahal, biasanya, hanya empat penumpang dalam sehari.

“Sekarang baru setengah hari sudah tujuh kali narik,” kata Nasika di Cirebon, Rabu 16 Agustus 2017. (Baca: Sopir Angkot Cirebon Berkukuh Mogok

Kebanjiran penumpang juga dialami Andi. Ia mengaku jumlah penumpang meningkat sejak aksi mogok angkot kemarin. Penghasilannya pun melonjak dari biasa Rp30 ribu menjadi Rp135 ribu dalam satu hari. “Semoga hari ini juga sama (besarnya),” kata Andi.

Andi dan rekan-rekannya tidak menolak keras keberadaan transportasi online. Dia juga bukan tak mendukung aksi penolakan yang dilakukan sopir angkot.

Baca: Wali Kota Cirebon: Hentikan Operasional Transportasi Online

Namun dia berharap ada aturan jelas mengenai wilayah pangkalan. Karena, tidak jarang angkutan online mangkal di pangkalan tukang becak. Hal tersebut membuat para pelanggan becak lebih memilih menggunakan ojek online.

“Karena mereka lebih murah, jadi kita kalah,” kata Andi.


(SAN)