Kerajaan se-Nusantara Bakal Memamerkan Pusaka di Cirebon

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 15 Sep 2017 16:50 WIB
Kerajaan se-Nusantara Bakal Memamerkan Pusaka di Cirebon
Stan yang bakal diisi oleh benda pusaka dari kerajaan se-Nusantara telah didirikan panitia Festival Keraton Nusantara (FKN) XI di Cirebon, Jawa Barat. Foto: MTVN/Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Puluhan Kerajaan se-Indonesia bakal memamerkan benda pusaka di Festival Keraton Nusantara (FKN) XI di Cirebon, Jawa Barat. Kegiatan tersebut bakal digelar di Keraton Kanoman Cirebon.

Puluhan kerajaan dan keraton se-Nusantara sudah mendaftarkan diri. Sebanyak 45 stan telah disiapkan panitia untuk ajang pameran pusaka.

“Yang sudah daftar sebanyak 31 keraton, tapi kami masih tunggu sampai nanti malam,” kata Ratu Raja Arimbi, juru bicara Keraton Kanoman Cirebon, Jumat 15 September 2017.

Pada FKN XI kali ini, Keraton Kanoman Cirebon bakal menggelar sejumlah kegiatan. Selain pameran benda pusaka, perjamuan raja se-nusantara akan berlangsung malam ini. Selain itu, Keraton Kanoman juga bakan mementaskan tari-tari klasik khas kekeratonan Cirebon.

Untuk pameran benda pusaka sendiri, Keraton Kanoman bakal memamerkan Kereta Paksi Nagaliman duplikat. “Kereta ini juga nantinya akan dilibatkan dalam karnaval budaya besok,” kata Arimbi.

Kereta ini dibuat oleh cucu dari Sunan Gunung Jati dan memiliki sejumlah kelebihan. Di antaranya, kereta dari kayu ini sudah memiliki suspensi. Selain itu, agar tidak menganggu para pengguna jalan lainnya, cipratan air yang terjadi akibat gerakan roda, bukan mengarah keluar, tapi kedalam.

“Sehingga tidak mengganggu yang lainnya,” kata Arimbi.

Dari pantauan Metrotvnews.com, sejumlah persiapan masih terus dilakukan di area Keraton Kanoman Cirebon. Puluhan tenda berwarna putih sudah mulai dibangun berjajar, mulai dari depan Pendopo Jinem hingga Alun-Alun Dalem Keraton Kanoman. Bahkan, sejumlah stand sudah mulai dihias oleh perwakilan sejumlah kerajaan yang akan hadir.
(SUR)