Peluang Dedi Mulyadi Berpindah Hati

Roni Kurniawan    •    Senin, 25 Sep 2017 10:34 WIB
pilkada serentakpilgub jabar 2018
Peluang Dedi Mulyadi Berpindah Hati
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Foto: MI/Reza Sunarya

Metrotvnews.com, Bandung: Peluang Dedi Mulyadi untuk maju sebagai calon gubernur Jawa Barat dari Partai Golkar mulai diragukan. Hal ini menyusul beredarnya surat dukungan DPP Partai Golkar ke Ridwan Kamil.

Pengamat politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Firman Manan, memprediksi Dedi Mulyadi akan mencari naungan partai lain jika Golkar sah usung Emil di Pilgub Jabar 2018. Sebab, imbuh Firman, pasangan Ridwan Kamil-Dedi Mulyadi sulit tercipta

"Saya katakan sulit kalau Emil pasangan sama Dedi. Jadi kemungkinan terbuka peluang Dedi diusung poros lain," ujar Firman saat dihubungi awak media, Senin 25 Agustus 2017.
 
(Baca: Beredar Surat Putusan Golkar Mengusung Ridwan Kamil-Daniel Mutaqien)

ADa dua poros yang sangat mungkin mengusung Dedi Mulyadi maju ke Pilgub Jabar bila skenario Golkar usung Emil terjadi. Pertama, poros baru yang di dalamnya tergabung Demokrat, PAN dan PPP.

"Karena poros baru ini belum mempunyai figur calon. Jadi masih kemungkinan untuk mengusung Dedi," cetusnya.

Tidak tertutup pula kemungkinan Poros PDI Perjuangan dan Hanura mengusung Dedi. Karena, PDIP saat ini belum mempunyai figur yang akan diusung.

(Baca juga: Idrus Sebut Surat Dukungan Ridwan Kamil Bodong)

PDI Perjuangan mempunyai peluang besar untuk menggaet Dedi Mulyadi. Terlebih beberapa waktu lalu, DPD Partai Golkar Jabar telah melakukan pertemuan dengan PDIP Jabar untuk berkoalisi di Pilkada serentak 2018 mendatang.

"Sejauh ini saya lihat peluangnya di PDIP. Karena saya lihat PDIP memerlukan figur potensial diusung menjadi cagub, memang PDIP memilih menempatkan kader di wagub. Apalagi PDIP bisa mengusung sendiri," pungkasnya.

(Klik: Emil tak Mau Tebak-tebak Dukungan Golkar)

 


(SUR)