Gubernur Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Sumedang dan Garut

Jaenal Mutakin    •    Rabu, 21 Sep 2016 14:45 WIB
banjir bandang garut
Gubernur Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Sumedang dan Garut
Rumah ambruk tertimbun longsor di Sumedang, MTVN - Ismail

Metrotvnews.com, Bandung: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyalurkan bantuan untuk warga korban bencana alam di Sumedang dan Garut. Beberapa bantuan misalnya makanan, peralatan tidur, dan dapur umum.

Gubernur mengatakan pemerintah provinsi dan kabupaten berkoordinasi untuk menangani bencana. Salah satu yang menjadi perhatian yaitu kondisi para pengungsi.

"Keperluan bagi para pengungsi juga sudah ada, sudah memadai," Gubernur yang akrab disapa Aher itu ditemui di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Rabu (21/9/2016).


(Gubernur Ahmad Heryawan, MTVN - Jaenal Mutakin)

Aher mengatakan petugas menyiapkan posko pengungsi. Lebih 1.000 orang mengungsi ke posko. Salah satu posko yang disiapkan tim yaitu di Makorem 062/Tarumanagara.

Aher mengatakan banjir di tujuh kecamatan di Garut sudah surut. Namun tim tetap melakukan upaya pemulihan karena banyak bangunan rusak.

Tim juga masih mencari warga yang dikabarkan hilang terseret arus. Sementara jumlah korban tewas, hingga berita ini dimuat, sebanyak 20 orang.

Baca: Jumlah Korban Tewas Bertambah, 25 Warga masih Dicari

Banjir bandang menerjang pada Selasa malam 20 September. Banjir terjadi di tujuh kecamatan di Garut yaitu Bayongbong, Garut Kota, Banyu Resmi, Tarogong Kaler, Tarogong Kidul, Karang Pawitan, dan Samarang.

Selain Garut, Kabupaten Sumedang pun mengalami bencana alam. Dini hari tadi, longsor menerjang beberapa rumah di Desa Cimareme usai hujan turun dengan deras. Kejadian itu mengakibatkan tiga orang tewas.

Baca: Longsor di Sumedang, 3 Tewas

Berikut video longsor di Sumedang:




(RRN)