Asian Games Usai, Biaya Sewa Stadion Candrabhaga Diusulkan Naik

Antonio    •    Selasa, 11 Sep 2018 12:19 WIB
pemerintahan
Asian Games Usai, Biaya Sewa Stadion Candrabhaga Diusulkan Naik
Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Medcom.id - Antonio Bano

Bekasi: Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bekasi, Jawa Barat, mengusulkan untuk menaikkan biaya sewa Stadion Patriot Candrabhaga. Sebab, fasilitas stadion meningkat setelah pelaksanaan Asian Games 2018 di venue sepak bola.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bekasi Tedy Hafni mengatakan stadion kini berkapasitas 31 ribu tempat duduk. Lokasi stadion representatif karena dekat dengan stasiun dan gerbang tol. Sehingga pendapatan daerah optimal.


(Seorang petugas tengah menyiram taman di bagian depan Stadion Patriot Candrabaga, Kota Bekasi, Medcom.id - Antonio)

Pada gelaran Asian Games 2018, stadion itu menjadi lokasi penyelenggaraan 18 kali pertandingan sepak bola. Jumlah pelaksanaannya lebih banyak ketimbang tiga stadion lain di Jawa Barat. Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi dan Pakansari Bogor hanya menggelar 10 pertandingan. Sementara delapan pertandingan digelar di Stadion Jalak Harupat Bandung.

Tedy mengatakan telah mengusulkan pengubahan besaran biaya sewa itu ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bekasi. Agar, usulan itu bisa dimasukkan dalam revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2016 tentang Retribusi Daerah.


(Pekerja membersihkan lapangan di Stadion Patriot Candrabaga, Kota Bekasi, yang akan menjadi venue salah satu pertandingan Asian Games 2018, Medcom.id - Antonio)

“Kita mengusulkan Rp200 juta untuk liga satu, Kabupaten Bekasi (Stadion Wibawa Mukti) saja sekarang Rp150 juta. Kita lebih besar fasilitasnya, sarananya kok, jumlah penontonnya lebih banyak. Kita 31 ribu kursi, Kabupaten Bekasi cuma 27 ribu. Jadi wajar kalau Rp200 juta. Kalau sekarang sewanya untuk liga satu Rp52,2 juta,” kata Tedy di Bekasi, Senin 10 September 2018.

Sementara itu, untuk laga pertandingan internasional, Tedy mengusulkan biaya sewa naik dari Rp130 juta menjadi Rp250 juta.

Lihat video:



(RRN)