Alasan Bus Hibah Kemenhub tak Dipakai Dua Tahun

Rizky Dewantara    •    Kamis, 30 Aug 2018 18:01 WIB
angkutan umum
Alasan Bus Hibah Kemenhub tak Dipakai Dua Tahun
Bus hibah dari Kemenhub yang hanya parkir di area yang disewa Dishub Kota Bogor karena tak beroperasi, Selasa, 28 Agustus 2018, Medcom.id - Rizky Dewantara

Bogor: Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor angkat bicara soal tidak beroperasinya delapan dari sepuluh bus hibah Kementerian Perhubungan. Bus sudah dua tahun tak dipakai.

Delapan bus tidak beroperasi karena Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) Kota Bogor tak punya anggaran untuk mengurus proses administrasi. Sebab, mereka yang menjadi penanggung jawab pengoperasian angkutan massal di Bogor, termasuk bus hibah dari Kemenhub.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Bogor Jimmy Hutapea menegaskan, seluruh bus pemberian sampai saat ini berstatus belum dihibahkan. "Sedang dalam proses serah terima," ungkap Jimmy saat dihubungi Medcom.id, Kamis, 30 Agustus 2018.

Sepuluh unit bus diberikan pemerintah pusat melalui Kemenhub pada 2016 ke Dishub Kota Bogor. Seluruh bus tanpa dilengkapi surat-surat kendaraan.

Baca: Dua Tahun, Delapan Bus Hibah Tak Beroperasi di Bogor

Kendala utama delapan bus yang belum beroperasi selama dua tahun di Kota Bogor murni pada masalah administrasi kendaraan. Urusan administrasi kendaraan seperti STNK dan BPKB seharusnya tidak memakan waktu yang lama. Namun, seluruh tergantung PDJT.

Dia menyebut Dishub Kota Bogor tidak dapat membantu banyak delapan bus yang belum bisa beroperasi. Pihaknya hanya bisa sebatas membantu proses surat menyurat sesuai dengan tupoksi Dishub Kota Bogor.

"Untuk masalah penganggrannya sendiri akan menjadi salah jika Dishub Kota Bogor ikut campur dalam masalah anggaran. Pengelola anggaran oleh PDJT sebagai BUMN memiliki mekanisme tersendiri," beber dia.

Bus tersebut juga dihibahkan Kemenhub khusus untuk memperkuat angkutan massal kota Bogor. Justru akan muncul masalah baru jika fungsinya dialihkan

Baca: Pemkot Bogor Belum Dapat Informasi Penarikan Bus Hibah


(SUR)