Ratusan Orang Gelar Longmars untuk Bela Al Aqsa

Jaenal Mutakin, Agung Widura    •    Jumat, 21 Jul 2017 16:53 WIB
palestina israel
Ratusan Orang Gelar Longmars untuk Bela Al Aqsa
Aksi warga di depan Gedung Sate Kota Bandung bertajuk bela Al Aqsa, MTVN - Jaenal Mutakin

Metrotvnews.com, Bandung: Ratusan orang di Bandung, Jawa Barat dan Pontianak, Kalimantan Barat, menggelar aksi dengan berpakaian bernuansa putih pada Jumat 20 Juli 2017. Aksi sebagai bentuk kepedulian untuk menyelamatkan Al Aqsa.

Aksi muncul setelah Israel menutup kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem, Palestina. Pihak berwenang Israel juga menahan seorang ulama ternama Yerusalem setelah penembakan terjadi di kawasan tersebut. 

Baca: Kisruh Al-Aqsa, Menlu RI Minta Negara OKI Tekan Israel

Jumat siang, 21 Juli 2017, ratusan orang longmars dari Pusdai menuju Gedung Sate Bandung. Mereka mengenakan pakaian putih-putih dan menyuarakan seruan untuk membela Al Aqsa.

Seorang peserta aksi berorasi mengutuk tindakan Israel yang sewenang-wenang terhadap Al Aqsa. Padahal di masjid itu, umat Islam kerap beribadah.

"Makanya kami mendesak lembaga internasional PBB menindak tegas pelanggaran hak asasi manusia (HAM) itu dan menyeret Israel sebagai penjahat dan pelanggar HAM," seru orator.


(Aksi Bela Al Asha di Pontianak, MTVN - Agung Widura)

Aksi serupa berlangsung di Pontianak, Kalimantan Barat. Ratusan mahasiswa dan pemuda longmars dari Masjid Raya Mujahidin menuju Bundaran Digulis.

"Aksi yang kami lakukan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap para kaum muslim di Palestina yang tidak diizinkan beribadah di Al Aqsa oleh tentara Israel," ungkap Abdul Salim koordinator aksi di halaman Masjid Raya Mujahidin.

Salim juga meminta pemerintah Indonesia, terutama Presiden Joko Widodo, terus mendesak kemerdekaan Palestina. Kemerdekaan Palestina pernah dijanjikan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) OKI yang digelar Jakarta pada Maret 2016.

Lihat video:
 


(RRN)