Besok, Planetarium Mini Hiasi Taman Sari Kasepuhan Cirebon

Ahmad Rofahan    •    Senin, 04 Sep 2017 17:22 WIB
luar angkasa
Besok, Planetarium Mini Hiasi Taman Sari Kasepuhan Cirebon
Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat, MTVN - Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bakal menempatkan tiga teropong bintang dan Planetarium Mini di area tempat wisata Taman Sari Gua Sunyaragi, Kota Cirebon, Jawa Barat.  Fasilitas tersebut bisa dinikmati secara gratis oleh seluruh pengunjung.

Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat mengatakan, penempatan teropong bintang dan planetarium itu di Taman Sari Gua Sunyaragi itu tak lama. Yaitu mulai 5 sampai dengan 7 September 2017.

“Hanya akan berada di Cirebon selama tiga hari saja,” kata Arief di Cirebon, Senin 4 September 2017.

Menurut Arief, adanya fasilitas milik LAPAN di Cirebon, merupakan salah satu bagian kemeriahan Gelar Budaya Nusantara yang diselenggarakan dalam rangka menyambut perhelatan Festival Keraton Nusantara (FKN) XI yang akan digelar di Cirebon pada 15-19 September 2017. Untuk bisa menggunakan fasilitas milik LAPAN tersebut, para pengunjung bisa datang ke Gua Sunyaragi dari  pukul 17.00 – 21.00.

“ Fasilitas milik LAPAN hanya bisa digunakan sejak pukul 17.00 – 21.00,” kata Arief.

Arief juga menjelaskan, selain adanya fasilitas LAPAN tersebut, Gelar Budaya Nusantara yang diselenggarakan di Gua Sunyaragi juga, akan dimeriahkan dengan penampilan kesenian tradisional maupun kontemporer. Beberapa kesenian yang sudah dipastikan akan tampil seperti Pagelaran Kupu Tarung, Angklung Bungko, Tari Topeng dan Kelana.

“ Ada juga tari kontemporer dan street dance perkusi,” ujar Arief.


(RRN)