ASN Pemprov Jabar Diminta tak Bawa Kerabat saat Kembali Mudik

Jaenal Mutakin    •    Rabu, 21 Jun 2017 19:12 WIB
mudik lebaran 2017
ASN Pemprov Jabar Diminta tak Bawa Kerabat saat Kembali Mudik
Sejumlah kendaraan pemudik memadati arah menuju gerbang tol Cipali-Palimanan, Cirebon, Jawa Barat -- ANT/Dedhez Anggara

Metrotvnews.com, Bandung: Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jawa Barat yang mudik, diminta tidak membawa sanak saudaranya saat kembali ke kota. Mereka harus mampu memberikan pemahaman pada sanak saudaranya agar tetap berusaha di kampung halaman.

"Berikan pemahaman kepada sanak saudara di kampung halaman yang bekerja sebagai petani, tidak perlu malu untuk berusaha karena sektor pertanian dan perkebunan peluang kerja saat ini terbuka lebar," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa di Gedung Sate, Bandung, Rabu 21 Juni 2017.

Menurut Iwa, pembangunan di desa terus dipacu. Bahkan, anggaran dari pemerintah pusat dan provinsi terus dialirkan sebagai langkah untuk mengembangkan perekonomian di desa.

"Dengan tidak membawa sanak saudara ke kota, akan mengurangi beban kota. Kecuali keluarganya ada yang akan bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi," ujar Iwa.

Selain itu, ia juga meminta agar para ASN yang akan bersilaturahmi ke kampung halaman hati-hati saat meninggalkan rumah. Iwa mengingatkan agar memeriksa kunci, air, listrik, dan kompor agar tidak menyebabkan musibah saat ditinggalkan.

"Bagian atap juga diperiksa, jangan sampai ditinggalkan bocor. Setelah beres, pamit pada tetangga sekaligus menitipkan rumah, agar silaturahmi tenang dan saat ditinggalkan aman," katanya.

Hal penting lainnya yang harus dilakukan sebelum mudik adalah memeriksa kondisi kendaraan, baik motor maupun mobil, yang akan dipakai. Pastikan kondisi rem, radiator, dan perangkat kendaraan lainnya agar nyaman di jalan.

"Diusahakan isi penuh bahan bakarnya, sehingga saat macet mudik tidak menemui masalah. Tiba di kampung, sampaikan salam kami dari Pemprov Jabar pada handai taulan," kata dia.


(NIN)