Pemkot Bandung Siapkan Danau Retensi Antisipasi Kemarau

Roni Kurniawan    •    Senin, 15 Oct 2018 10:10 WIB
kemarau
Pemkot Bandung Siapkan Danau Retensi Antisipasi Kemarau
Areal persawahan yang terkena kekeringan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada 2008. (Foto: MI/ERIEZ M RIZAL)

Bandung: Pemerintah Kota Bandung kini tengah gencar membangun danau retensi untuk menampung air. Danau retensi menjadi upaya Pemkot Bandung guna menghadapi musim kemarau panjang yang berujung kekeringan.

Dua danau retensi kini tengah dibandung Pemkot Bandung yakni di kawasan Sinaraga, Cicendo yang merupakan dekat aliran sungai Citepus dan di kawasan Gedebage dekat masjid terapung Jabar. Dua danau retensi tersebut masih dalam tahap pembangunan yang ditargetkan bisa selesai pada akhir 2018 ini.

"Danau retensi terus kita bangun di Citepus dan Gedebage. Semoga secepatnya bisa selesai," kata Oded di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin 15 Oktober 2018.

Oded mengaku, saat ini Pemkot Bandung pun tengah mendata aset untuk kemungkinan menambah danau retensi. Namum saat ini Pemkot Bandung masih fokus terhadap dua danau retensi yang tengah dibangun.

"Kita akan upakayan menginventalisir aset Pemkot Bandung. Jika bisa dilakukan akan diperbanyak danau retensi, karena ini dibutuhkan," sambungnya.

Selain itu Oded pun mengajak masyarakat untuk membangun sumur resapan guna tempat penyimpanan air untuk cadangan di musim kemarau. Ajakan tersebut akan terus digalakkan Oded terutama kepada aparatur di kewilayahan. 

"Saya juga mengajak masyarakat untuk menyimpan air di tandan di tempat masing-masing. Masyarakat yang punya tanah luas bksa dipakai untuk sumber resapan air," pungkasnya.


(RRN)