Seluruh Sekolah di Jabar Diharapkan Ramah Anak

Jaenal Mutakin    •    Jumat, 22 Dec 2017 14:43 WIB
pendidikan
Seluruh Sekolah di Jabar Diharapkan Ramah Anak
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat peluncuran Sekolah Ramah Anak di Gedung Bhayangkara, Bandung -- medcom.id/Jaenal Mutakin

Bandung: Seluruh SMA/SMK dan juga sekolah terbuka di Jawa Barat diharapkan mampu merealisasikan sekolah ramah anak. Tujuannya demi menjadikan sekolah sebagai rumah kedua bagi para siswa.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan sekolah bukan sekedar tempat belajar. Sekolah adalah tempat transfer keterampilan dari guru kepada murid.

"Sekolah juga harus menjadi tempat transfer nilai yang di dalamnya terkandung moral dan akhlak. Dalam hal ini, guru memiliki peranan penting. Tidak akan ada kesuksesan tanpa peran guru," kata pria yang akrab disapa Aher ini saat peluncuran Sekolah Ramah Anak di Gedung Bhayangkara, Bandung, Kamis, 21 Desember 2017.

Menurut Aher, sekolah negeri dan swasta nantinya menjadi induk dari sekolah terbuka yang pengajarannya akan dilakukan dari guru yang mengajar dari sekolah tersebut

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Ahmad Hadadi menambahkan, pihaknya secara bertahap akan merealisasikan sekolah ramah anak. Salah satu yang dilakukannya adalah membagikan buku pedoman kepada setiap sekolah, tentang bagaimana penyelenggaraan sekolah ramah anak yang baik.

"Sudah kita bagikan, tadi secara simbolik, nanti semua sekolah akan mendapatkannya, isinya tentang bagaimana cara guru dan murid dalam aktifitas belajar mengajar yang ramah anak," pungkasnya.


(NIN)