Wisatawan Diingatkan Jalur Wisata di Garut Rawan Longsor

Antara    •    Selasa, 26 Dec 2017 11:08 WIB
libur panjang
Wisatawan Diingatkan Jalur Wisata di Garut Rawan Longsor
Pendaki melintasi hutan mati di Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, 16 April 2017, Ant - Adeng Bustomi

Bandung: Jalur wisata di Garut, Jawa Barat, dinilai berbahaya. Sebab jalurnya berada di ketinggian dan kontur tanah rawan longsor.

Menurut Kepala Satlantas Polres Garut AKP Erik Bangun Prakasa, kabupaten tersebut memiliki beberapa tujuan wisata yang diminati pengunjung. Wisatawan datang dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun bus pariwisata.

"Tapi pengendara harus berhati-hati karena jalurnya ekstrem," terang Erik di Garut, Selasa, 26 Desember 2017.

Erik mencontohkan lokasi wisata di Garut di antaranya Kecamatan Pasirwangi dan wisata alam di Gunung Papandayan. Jalur menuju lokasi itu berada pada ketinggian dengan jurang cukup terjal.

Lantaran itu, Erik mengingatkan pengendara untuk memastikan rem berfungsi maksimal. Itu bertujuan menghindari kecelakaan.

Erik mengatakan personel Satlantas bersiaga di jalur menuju lokasi wisata. Arus lalu lintas juga diatur untuk menghindarkan kemacetan.

Petugas juga mengecek kelayakan bus pariwisata yang tengah dalam perjalanan menuju lokasi. "Bila layak, bus silakan melanjutkan perjalanan. Bila tidak, kami akan meminta bus balik arah atau kami lakukan tilang," ungkap Erik.

Beberapa lokasi wisata di Garut menjadi tujuan warga di musim libur panjang yang bertepatan dengan hari libur perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Lokasi wisata beragam mulai dari pemandian air panas, air terjun, gunung, dan pantai.

Salah satu lokasi tujuan wisata adalah Gunung Papandayan. Wisatawan disajikan dengan paparan gunung, hutan nan hijau, hingga padang edelweis di kawasan tersebut. 


(RRN)