KPU Siap Pertanggungjawabkan Sisa Dana Calon Independen

Roni Kurniawan    •    Senin, 27 Nov 2017 20:19 WIB
pilkada 2018
KPU Siap Pertanggungjawabkan Sisa Dana Calon Independen
Ilustrasi Pilkada Jabar, MTVN - M Rizal

Bandung: KPU Jawa Barat telah menyediakan anggaran Rp11 miliar untuk memfasilitasi pasangan independen dalam Pemilihan Gubernur Jabar 2018. Namun dana tersebut tak akan dipakai.

Komisioner KPU Jabar Endun Abdul Haq mengatakan tak satupun pasangan calon independen yang memenuhi syarat. Padahal, pendaftaran pasangan calon independen berakhir pada Minggu, 26 November 2017.

"Memang betul KPU Jawa Barat sudah merancang anggaran, khusus untuk calon perseorangan hampir Rp11 miliar. Kami sudah berkomitmen untuk transparan," kata Endun di Kantor KPU Jabar di Jalan Garut, Kota Bandung, Senin, 27 November 2017.

Menurut Endun, sebagian dana sudah digunakan untuk kebutuhan sosialisasi, simulasi, dan menggaji petugas. Sedianya, KPU didatangi lima pasang calon independen. 

Jumlah total dukungan untuk lima pasang itu sebanyak 11 juta KTP. Petugas harus memverifikasi KTP. Biaya verifikasi yaitu Rp1.500 per KTP, lalu dikalikan dengan jumlah dukungan.

"Saya belum menghitung sisanya, mungkin sekitar Rp8 sampai 9 miliar. Untuk itu kami akan bahas di rapat pleno. Yang jelas, dana itu tak akan dibuang sia-sia. Akan kami gunakan ke kebutuhan lain," ujar Endun.

Adapun lima pasang calon yaitu Eggi Sudjana-Ade Subarkah, Asep Syaripudin-Dadang Suherman, Jajang Suherman-Mohammad Teguh, Daday Hudaya-Valentino Dinsi, dan Faizal Multazam-Nurwendah. Namun mereka tak memenuhi syarat menjadi peserta pesta demokrasi di Tanah Pasundan.


(RRN)