Siklon Tropis Cempaka

Intensitas Hujan di Jawa Barat akibat Siklon Mulai Turun

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 29 Nov 2017 17:51 WIB
tanah longsorcuaca ekstrembencana alambencana banjirsiklon tropis cempaka
Intensitas Hujan di Jawa Barat akibat Siklon Mulai Turun
Sebaran hujan di Jawa Barat akibat Siklon Tropis Cempaka. Foto: Istimewa

Bandung: Siklon Tropis Cempaka berdampak hingga ke wilayah Jawa Barat, terutama di sekitar Pantai Selatan seperti Sukabumi Selatan Pelabuhan Ratu. Walau demikian, hujan berintensitas tinggi mulai berkurang karena siklon bergerak menjauhi Indonesia.

"Seperti hari ini, hujan deras semakin berkurang karena secara bertahap siklon tropis ini mulai menjauh dari pulau jawa," ucap Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya, Rabu, 29 November 2017.

Siklon Tropis Cempaka bergerak ke arah Australia. Curah hujan yang sempat meninggi dua hari belakangan diperkirakan akan semakin turun.

Dia mengakui, wilayah Jawa Barat tidak terlalu terdampak oleh siklon. Daerah Jawa Barat bagian utara juga tidak diserbu hujan berintensitas tinggi karena siklon lebih dekat ke DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Seperti di ketahui, banjir kemarin terjadi di wilayah Pacitan karena hujan yang intensitasnya sangat tinggi bawaan dari siklon tropis," pungkasnya.

Berikut perkembangan cuaca Jawa Barat selama Siklon Tropis Cempaka berlangsung beberapa hari belakangan:
1. Minggu, 26 Noveomber 2017, curah hujan berkisar di 101 milimeter per hari. Kategori hujan sangat lebat.
2. Senin, 27 November 2017, curah hujan berkisar 159 milimeter per hari. Kategori hujan sangat lebat, terutama di Cianjur Selatan, Garut Selatan, Tasikmalaya Selatan dan Pangandaran Selatan.
3. Selasa, 28 November 2017, kategori hujan lebat.



(SUR)