Banjir di Pangandaran Sudah Surut

Antara    •    Minggu, 08 Oct 2017 13:18 WIB
banjir bandang
Banjir di Pangandaran Sudah Surut
Warga membersihkan material longsor yang menghantam rumahnya di Desa Kalijati, Pangandaram, Sabtu 7 Oktober 2017, Ant - Adeng Bustomi

Metrotvnews.com, Bandung: Banjir bandang di Pangandaran, Jawa Barat, sudah surut. Petugas dan warga pun bergotong-royong membersihkan lumur bekas banjir juga longsor.

Baca: Longsor di Pangandaran, Empat Tewas Tertimbun

"Sekarang sudah masuk ke tahap rehab rekon, masyarakat dibantu para petugas membersihkan sisa-sisa bekas longsoran dan luapan air," kata Koordinator Humas dan Protokoler Badan SAR Nasional (Basarnas) Jawa Barat Joshua Banjarnahor, Minggu 8 Oktober 2017.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena menambahkan, kondisi ketinggian air di lokasi banjir sudah turun. Pengungsi juga bisa kembali ke rumah masing-masing.

"Kondisi ketinggian air, saat ini di lokasi banjir sudah turun, kondisi aman dan terkendali," kata Ruhena.

Nana mengatakan, material tanah longsorannya sudah dibersihkan secara gotong royong. Ia menyampaikan, jajarannya bersama seluruh elemen terkait, TNI/Polri, dan sukarelawan masih terus memantau situasi di kawasan daerah terdampak bencana alam.

Kemarin, banjir bandang dan longsor melanda sejumlah kecamatan di Pangandaran. Empat orang tewas tertimpa material longsor. 

Puluhan rumah rusak tertimbun material longsor. Akses jalan tertutup. Warga pun mengungsi ke lokasi yang lebih aman.


(RRN)