PAD Pangandaran Naik 7 Kali Lipat

Jaenal Mutakin    •    Kamis, 18 Jan 2018 18:04 WIB
pemda
PAD Pangandaran Naik 7 Kali Lipat
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat kunjungan ke Pangandaran -- Medcom.id/Jaenal Mutakin

Bandung: Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pangandaran dari sektor pariwisata mencapai Rp144 miliar atau naik tujuh kali lipat dibandingkan sebelum menjadi kabupaten mandiri. Ini harus dijadikan contoh daerah lainnya.

"PAD Kabupaten Pangandaran meningkat cukup tinggi. Sebelumnya PAD Pangandaran hanya Rp22 miliar, kini mencapai Rp144 miliar. Pencapaian tersebut menjadikan Kabupaten Pangandaran sebagai salah satu destinasi pariwisata internasional," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat berada di Pangandaran, Rabu, 17 Januari 2018.

Pria yang akrab disapa Aher ini mengatakan Pangandaran memiliki daya tarik wisata. Hal tersebut mampu mendorong perekonomian yang berakibat pada peningkatan kesejahteraaan warganya.

"Pemerintah tidak akan menyengsarakan rakyatnya," ujar Aher.

Aher berencana melakukan penataan pedagang kaki lima (PKL) di pantai barat dan timur Pangandaran untuk menarik lebih banyak wisatawan. Jika PKL ditata, wisatawan akan lebih nyaman untuk makan dan belanja di lokasi tujuan wisata.

Nantinya, lanjut Aher, disediakan gedung hingga tiga lantai bagi pedagang. "Saya kira awal-awal akan transisi. Tapi, relokasi PKL ini untuk mensejahterakan masyarakat juga," pungkasnya.


(NIN)