Kebakaran, RSUD Soekardjo Tasikmalaya Evakuasi Pasien

Kristiadi    •    Jumat, 02 Mar 2018 11:05 WIB
kebakaran
Kebakaran, RSUD Soekardjo Tasikmalaya Evakuasi Pasien
ilustrasi Metrotvnews.com

Tasikmalaya: Ruang radiologi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soekarjo, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, terbakar. Percikan api diduga berasal dari 16 aki mesin CT Scan yang baru diinstal.

Kebakaran membuat panik puluhan pasien. Sejumlah bayi di ruang NICCU dan ICU dievakuasi ke kamar lain. "Kebakaran terjadi pada pukul 07.30 WIB," kata Indra, petugas radiologi, Jumat, 2 Maret 2018.

Indra mengatakan, pasien di ruang NICU, ICU, dan ruang bayi dievakuasi ke ruang pencucian darah, Sukapura, dan MB. "Pasien dan keluarganya harus diselamatkan mengingat asap dari apar yang disemprotkan petugas terasa dihidung dan tenggorokan," ujarnya.

Wakil Direktur Umum RSUD dr Soekarjo, Kota Tasikmalaya, Yani, mengungkapkan kebakaran tidak menghanguskan semua bangunan. Hanya ruang radiologi yang terbakar. Namun, asapnya berpengaruh ke semua pasien yang dirawat. 

"Untuk ruangan yang berdampingan (dengan ruang radiologi) saat ini tdak akan dipakai terlebih dulu seperti CT-Scan, Radiologi, Rongsent dan lainnya. Karena, dari rumah sakit sendiri akan melakukan peninjauan terutama lokasi yang terbakar," imbuhnya.

Direktur Utama RSUD dr Soekarjo, Kota Tasikmalaya, Wasisto Hidayat, mengatakan 13 pasien yang akna dioperasi hari ini ditunda karena banyak dokter dan perawat tak kuat dengan asap  apar yang disemprotkan.
 
"Sejak tadi pagi memang pelayanan terganggu dan sekarang ini sudah mulai beraktifitas kembali seperti biasa setelah jaringan listrik dimatikan," paparnya.


(LDS)