Pascagempa, Jalur Kereta Api di Jabar Dipastikan Aman

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Sabtu, 16 Dec 2017 17:06 WIB
gempa
Pascagempa, Jalur Kereta Api di Jabar Dipastikan Aman
Warga membersihkan material reruntuhan bangunan rumah pasca gempa bumi di Desa Sumelap, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (16/12). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Bandung: Jalur kereta api di wilyaha Jawa Barat dipastikan pascagempa pada Jumat 15 Desember malam, dan gempa susulan pada Sabtu 16 Desember 2017. PT. KAI juga turun ke lapangan guna memeriksa kondisi prasarana di wilayah Daop II Bandung.

"Alhamdulillah semuanya dalam keadaan baik dan tetap aman untuk operasional kereta api,” kata Manager Humas PT KAI Joni Martinus kepada Medcom.id, Sabtu 16 Desember 2017.

Menurutnya, hingga kini kondisi semua prasarana kereta api di wilayah Daop II terutama di jalur yang dekat dengan pusat gempa (Kabupaten Tasikmalaya) dalam keadaan aman.

"Petugas selalu siaga untuk segera mengecek kondisi jalan rel, jembatan, terowongan, stasiun, dan persinyalan," bebernya.

Joni juga menegaskan, bencana gempa menjadi sebuah perhatian dan pemantauan khusus bagi PT KAI. Pihaknya juga mrngucapkan belasungkawa atas musibah gempa yang menyebabkan tiga orang tewas. 

"Bagi korban gempa di wilayah Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran dan wilayah Jawa tengah. Kami harap, jangan sampai termakan hoks yang banyak dimuat di media sosial sesaat setelah gempa terjadi,” paparnya.



(ALB)