Emil Dukung Rencana Penghapusan Ujian Nasional

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 26 Nov 2016 14:16 WIB
ujian nasional
Emil Dukung Rencana Penghapusan Ujian Nasional
Ujian Nasional. (Foto:Antara/Ekho Aridyanto)

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) mendukung rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menghapus sistem ujian nasional (UN). Bahkan Ridwan Kamil akan segera menindaklanjuti upaya terebut di tingkat Pemerintah Kota Bandung.

"Saya mah kalau kebijakan pusat, pasti fatsun (patuh). Sehingga, saya enggak akan mengomentari positif-negatifnya. Tapi, kalau kebijakan penghapusan, kita akan mengikuti arahan," ujar pria yang akrab disapa Emil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Sabtu (26/11/2016).

Namun, Emil saat ini belum bisa menyampaikan secara teknis pelaksanaan UN yang diserahkan Mendikbud ke masing-masing pemerindah daerah. Terlebih, saat ini pemerintah kabupaten/kota hanya berwenang mengatur operasional SD dan SMP.

Untuk jenjang SMA sederajat, sejak Oktober, pengelolaannya sudah diambil alih Pemerintah provinsi. "Itu wacana baru kan. Kalau baru, berarti kita hanya akan menjawab akan mengikuti wacana tersebut. Tapi, pasti akan ditindaklanjuti kesiapan di lapangan," tuturnya.

Sejauh ini Emil mengaku belum mendapatkan arahan terkait adanya penghapusan UN sebagai indikator kelulusan siswa setiap jenjangnya. Emil mengaku akan memberikan kepastian tersebut dalam waktu dekat setelah mendapatkan keputusan dari pemerintah pusat.

"Belum ada arahan. Kasih saya sehari dua hari untuk menjawabnya ya," kata dia.

Penghapusan sistem UN rencananya dimulai 2017. Payung hukum pelaksanaannya berupa instruksi presiden (inpres) yang saat ini sedang dikaji Presiden Joko Widodo.

 


(UWA)