Aksi Damai di Bandung Dilakukan dengan Istigasah

Roni Kurniawan    •    Jumat, 04 Nov 2016 15:48 WIB
unjuk rasa
Aksi Damai di Bandung Dilakukan dengan Istigasah
Suasana istigasah di Masjid Raya Bandung. (foto: MTVN/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Lebih dari seribu jemaah memadati Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat di Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung pada Jumat 4 November 2016. Kehadiran ribuan jemaah untuk mengikuti kegiatan istigasah sebagai bentuk aksi 4 November 2016.

Pantauan Metrotvnews.com, para jemaah telah memadati area masjid sebelum menunaikan salat Jumat. Ibu-ibu dan anak-anak yang tidak mengikuti salat Jumat memilih menunggu di area Taman Alun-alun Bandung.

Menurut Kiagus Zaenal Mubarok, salah seorang penggagas kegiatan, istigasah digelar untuk menciptakan rasa damai, tentram, dan tenang. 

"Jemaah yang hadir sekitar 12.000 orang. Kami memanjaatkan doa, supaya masyarakat Indonesia bisa tentram, damai dan beraktivitas tenang dan mencari nafkah lancar tidak terganggu hiruk pikuk politik yang ada saat ini," ujar Zaenal, di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat di Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jumat (4/11/2016).

Baca juga: Massa Aksi 4 November di Medan Diimbau Tak Anarkistis

Istigasah dipimpin oleh KH Asep Syarif Hidayatullah, pimpinan majlis taklim setiap Sabtu.

"Tentu kita tidak bisa lepaskan dengan situasi yang ada saat ini, di mana teman-teman kita menyampaikan aspirasi di Jakarta siang ini," tuturnya.

Kegiatan istigasah tersebut, kata Kiagus, tidak akan masuk ke wilayah politik atau sosial namun lebih mengarah kepada ketaatan terhadap ajaran agama untuk memohon perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT untuk negara ini.

"Istigasah bermakna memohon kepada Allah SWT, memohon untuk keselamatan bangsa dan negara ini. Mari kita akhiri kegaduhan saat ini dan mudah-mudahan (aksi unjuk rasa) hari ini bisa damai, dan masyarakat jangan di bawa ke sifat kekerasannya," pungkasnya.
 


(MEL)