JPO Asia Afrika Belum Berfungsi, Emil Marahi Kadisbudpar

Roni Kurniawan    •    Selasa, 08 Nov 2016 13:24 WIB
pemerintah kota
JPO Asia Afrika Belum Berfungsi, Emil Marahi Kadisbudpar
Pekerja melakukan perbaikan JPO di kawasan Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Jumat (20/3/2015). Foto: Antara/Paramayuda

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil geram terkait belum berfungsinya Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. Pasalnya JPO yang dipermak sejak peringatan Konperensi Asia Afrika (KAA) ke-60 pada April 2015 silam hingga kini belum bisa dinikmati masyarakat untuk menyeberang.

"Saya juga kesel seharusnya sudah bisa dipakai warga karena ini kan pusat wisata," ujar pria yang akrab disapa Emil saat ditemui di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (8/11/2016).

Menurut Emil, saat ini JPO yang jaraknya tak jauh dari Gedung Merdeka tersebut sedang dalam proses hukum serah terima dari pihak yang memberi hibah ke Pemerintah Kota Bandung. Bahkan, Emil mengaku telah menegur Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) selaku dinas penanggung jawab hibah tersebut. 

"Itu teh ada proses hukum serah terima asetnya yang multitafsir, tapi harus kita bereskan secepatnya. Sudah saya tegur kepala Dinas Pariwisata untuk segera membereskan JPO itu," kata Emil.

Kawasan Jalan Asia Afrika sejak dipermak kini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun asing. Tak sedikit pada pengunjung Jalan Asia Afrika begitu was-was ketika hendak menyebrang di kawasan tersebut karena laju kendaraan yang melintas kencang.

"Secepatnya, awal tahun nanti sudah bisa dipakai," ujar Emil.

Berdasarkan pantauan Metrotvnews.com, pintu yang berada di kedua sisi JPO masih tertutup rapat dan tidak bisa dibuka. Sedangkan lorong di kedua sisi JPO nampak tercium bau pesing dan menjadi tempat tidur bagi para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).



(UWA)