Tujuh ASN Tangsel Dipecat karena Korupsi

Farhan Dwitama    •    Senin, 17 Sep 2018 16:45 WIB
pnskasus korupsi
Tujuh ASN Tangsel Dipecat karena Korupsi
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Tangerang: Tujuh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Banten, dipecat. Mereka diberhentikan tidak hormat karena terlibat tindak pidana korupsi.

Kepala Badan kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) kota Tangerang Selatan, Apendi menerangkan, pemecatan ini tindak lanjut surat keputusan bersama Menteri Dalam Negeri. "SK bersama Mendagri, Menpan RB dan Kepala BKN memberi sanksi 2.375 ASN se-Indonesia," ucapnya, Senin, 17 September 2018.

Berdasarkan data yang dilansir dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Provinsi Banten berada di posisi sebelas untuk ASN terindikasi koruptor. Sebanyak 17 ASN koruptif berdinas di Pemprov Banten dan 53 ASN lainya berasal di 8 kota/ kabupaten se-Banten.

Tujuh ASN Tangsel yang dipecat itu berasal dari berbagai eselon, pangkat dan jabatan. "ada Eselon II ke bawah," kata dia.

Berdasarkan peraturan perundang-undangan nomor 5 tahun 2017 tentang ASN menyebutkan, ASN yang menyalahgunakan wewenang jabatan dengan melakukan tindak pidana korupsi dapat dipecat.  BKD Kota Tangsel bertindak tegas sesuai amanat itu.

"Makanya kami (ASN) harus hati-hati dan bekerja secara profesional, jangan sampai tergoda ke perbuatan yang melanggar," kata dia.


(SUR)