Warga Mencari Barang Berharga Sisa Kebakaran di Bandung

Roni Kurniawan    •    Jumat, 04 May 2018 12:59 WIB
kebakaran
Warga Mencari Barang Berharga Sisa Kebakaran di Bandung
Dua orang warga tengah memilah barang yang tersisa setelah kebakaran di Karees Kulon, Kelurahan Malabar, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jumat 4 Mei 2018. (Medcom.id/Roni Kurniawan)

Bandung: Warga Karees Kulon, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat, berusaha mencari barang yang tersisa setelah kebakaran menghanguskan 26 bangunan pada Kamis 3 Mei 2018. Warga memilah satu persatu barang dengan harapan masih bisa digunakan. 

Beberapa warga berpencar di sejumlah bangunan yang telah menjadi arang. Sambil membawa karung, mereka memilah barang di antara puing bangunan. 

"Kemarin enggak sempat bawa barang, jadi sekarang coba ke sini lagi. Mudah-mudahan masih ada barang yang bagus yang bisa dipakai," kata Sri Ayu Nurdaningsih, 32, korban kebakaran, Jumat 4 Mei 2018.

Baca: Korban Kebakaran di Bandung Diungsikan ke Hotel

Sri mengaku panik saat kebakaran terjadi. Saat itu ia dan suami hanya berpikir menyelamatkan diri serta anak-anak ke tempat lebih aman.

"Jadi yang ada baju yang dipakai saja," sambungnya.

Senada, Yati Suryati, 63, mengaku seluruh harta bendanya ludes terbakar. Kini Yati kebingungan, karena surat-surat berharga telah jadi abu.

"Ada sertifikat rumah, terus surat-surat lainnya. Ya tutung (hangus) kebakar. Enggak ada yang tersisa, tv sama kulkas juga habis," keluh Yati.

Sementara itu Lurah Malabar Roaida Thalib mengatakan, warga yang menjadi korban kebakaran telah diungsikan ke satu hotel melati dekat lokasi kejadian. Sebanyak 23 kamar dibuka untuk menampung 43 kepala keluarga dengan jumlah jiwa 188 orang.

"Untuk sementara warga tinggal di sana. Tapi ada sebagian yang memilih tinggal sama sanak saudaranya," kata Roaida.

Baca: Bocah Lima Tahun Jadi Korban Kebakaran di Bandung


(LDS)