KPU Bogor Musnahkan 632 Surat Suara Rusak

Rizky Dewantara    •    Rabu, 27 Jun 2018 06:13 WIB
surat suarapilkada serentakpilkada jabar
KPU Bogor Musnahkan 632 Surat Suara Rusak
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor dan pihak jajaran memusnahkan 632 lembar surat suara yang rusak di kantor KPU Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa, 26 Juni 2018. Foto: Medcom.id/ Rizky Dewantara.

Bogor: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor memusnahkan 632 lembar surat suara yang dinyatakan rusak. Pemusnahan dilakukan dengan dengan cara dibakar pada Selasa, 26 Juni 2018 malam.

Pemusnahan surat suara tersebut disaksikan oleh tiga unsur, yakni KPU Kota Bogor, Kepolisian dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bogor.

"Sesuai dengan peraturan, apabila ada surat suara yang rusak dan tidak digunakan dalam kegiatan di TPS (tempat pemungutan suara). KPU harus memusnahkannya, baik dengan cara dibakar, dicacah, dipendam dan direndam dengan menggunakan air," kata Komisioner Divisi Perencanaan, Anggaran, dan Logistik KPU Kota Bogor, Edi Kholki Zaelani, di kantor KPU Kota Bogor, Jawa Barat.

Edi menjelaskan, pemusnahan surat suara ini dilakukan sehari sebelum pelaksanaan pemilihan serentak pada Rabu, 27 Juni 2018. Kategori kerusakan surat tersebut seperti sobek dan kesalahan pada pencetakan seperti sparasi kecerahan warna.

"Jumlah surat suara rusak pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bogor yang dimusnahkan berjumlah 632 lembar," jelas.

Edi kembali mengatakan, jumlah kerusakan surat suara itu sesuai dengan yang sudah ditandatangani oleh Ketua KPU Kota Bogor, Ketua Panwaslu dan dari pihak kepolisian.

"Dalam pemusnahan surat suara ini sesuai peraturan harus disaksikan oleh tiga unsur, dengan demikian surat suara yang rusak tidak ada lagi. Dan pemusnahan ini pun serentak dilakukan di Kota, Kabupaten maupun tingkat Provinsi," pungkas Edi.


(DEN)