Jumlah CCTV di Bandung Belum Ideal

Roni Kurniawan    •    Senin, 03 Dec 2018 14:17 WIB
kota bandung
Jumlah CCTV di Bandung Belum Ideal
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Bandung Ahyani Raksanagara. Medcom.id/Roni Kurniawan

Bandung: Pemerintah Kota Bandung memikiki 1.335 kamera pengintai (CCTV) yang dipasang di beberapa titik. Jumlah tersebut dinilai jauh dari ideal karena Bandung merupakan salah satu kota besar dengan berbagai aktivitas hingga malam hari.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara, saat ini 1.335 CCTV telah terpasang di 884 titik. Namun sebagian besar CCTV dipasang di gedung-gedung pemerintahan seperti di Balai Kota Bandung.

"Nah dari jumlah itu ada yang indoor mengawasi gedung dan yang di luar. Yang di luarnya sekitar 660-an (CCTV)," ujar Ahyani di Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Senin, 3 Desember 2018.

Jumlah tersebut belum bisa memantau seluruh wilayah di Kota Bandung yang memiliki 30 kecamatan dan 151 kelurahan. Idealnya Bandung memiliki sekitar 3.000 hingga 4.000 CCTV. Namun, ia mengaku memiliki keterbatasan anggaran jika melakukan penyediaan secara langsung dalam satu tahun anggaran.

Penambahan CCTV terus dilakukan setiap tahun, terutama di wilayah-wilayah yang rawan terjadi tindak kriminal. Penambahan CCTV di Bandung mau tak mau dilakukan bertahap.

"Tahun ini menambah 20 titik dengan 42 buah kamera. Anggarannya itu sebesar Rp798 juta yang diselenggarakan Diskominfo," tuturnya.

Bandung sebenarnya memiliki banyak CCTV milik swasta dan masyarakat. Namun, CCTV tersebut tidak terintegrasi dengan sistem yang dimiliki Pemkot Bandung. Ia akan berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung untuk membuat surat edaran agar Diskominfo bisa mengintregasikan data-data dari CCTV milik perusahaan dan masyarakat.

"Jadi tidak perlu semua itu harus disiapkan oleh Pemkot (Bandung), karena kemampuan kita terbatas untuk sampai ke pelosok-pelosok," pungkasnya.


(SUR)