Emil Ajak Masyarakat Laporkan Bangunan Liar

Roni Kurniawan    •    Rabu, 23 Nov 2016 13:21 WIB
bangunan liar
Emil Ajak Masyarakat Laporkan Bangunan Liar
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Foto: Metrotvnews.com/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) mengajak masyarakat proaktif melaporkan bangunan yang melanggar aturan. Pemkot Bandung mengaku kesulitan mengawasi semua bangunan di Bandung.

"Kalau masyakarat menemukan kejanggalan terhadap bangunan, silakan melapor ke kita. Nanti kita tindak lanjuti," ujar Emil usai menyegel bangunan hotel di Jalan Dr Ir Djundjunan (Dago), Kota Bandung, Rabu (23/11/2016).

Emil geram dengan banyaknya bangunan yang tak sesuai Izin Mendirikan Bangunan (IMB). "Ada yang bikin bangunan izinnya rumah, ternyata dibikin kantor atau tempat usaha. Nah, yang seperti itu pasti kita segel karena sudah melanggar aturan," kata dia.

Emil mengklaim sudah menyegel ribuan bangunan selama memimpin Kota Bandung. Dia yakin masih banyak bangunan yang menyalahi IMB dan belum mendapatkan sanksi. "Jadi, kita butuh peran masyarakat," ujarnya.

Emil juga meminta pengusaha untuk mengikuti aturan saat akan membangun tempat usaha. Pemkot Bandung, kata dia, tak segan membongkar bangunan itu jika mengelabui IMB.

"Silakan buka usaha di Kota Bandung, tapi ikuti aturan yang ada. Kalau melanggar aturan, kita berikan sanksi tegas," kata dia.


(UWA)