Banjir Karawang Rendam 5.789 Rumah di 12 Desa

   •    Selasa, 15 Nov 2016 10:39 WIB
banjir
Banjir Karawang Rendam 5.789 Rumah di 12 Desa
Foto ilustrasi banjir di Karawang Barat. (Media Indonesia/Firman Saragih)

Metrotvnews.com, Karawang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan banjir telah melanda 12 desa atau kelurahan yang tersebar di lima kecamatan.

"Dari pendataan kami, banjir akibat meluapnya sungai Cibeet dan Citarum terjadi di lima kecamatan," kata Kepala BPBD Karawang Asip Suhendar, dikutip Antara di Karawang, Selasa (15/11/2016).

Ia mengatakan, di lima kecamatan itu terdapat 5.789 unit rumah yang terendam banjir. Sedangkan korban banjir mencapai 13 ribu jiwa dari 9 ribu keluarga.

Sesuai dengan pemantauan di lapangan banjir di berbagai daerah sekitar Karawang terjadi sejak Senin (14/11/2016) dini hari kini sudah mulai surut.

Hanya beberapa daerah yang masih terendam seperti Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat serta sebagian wilayah di Kelurahan Tanjungpura, Kecamatan Karawang Barat.

"Sebelumnya ketinggian air di daerah banjir ada yang mencapai dua meter. Tapi sekarang sudah mulai surut," kata Asip.

Ia mengatakan, selama banjir BPBD menyediakan tujuh titik pengungsian. Di antaranya di sekitar Perumahan Bintang Alam, Desa Karangligar, kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, wilayah Tanjungpura, Perumahan Karawang Indah, dan di wilayah Payungsari.


(SAN)