Tiga Penyamun di Bandung Ditembak Mati

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Minggu, 19 Nov 2017 13:48 WIB
pencurian
Tiga Penyamun di Bandung Ditembak Mati
Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto perlihatkan alat bukti kejahatan yang digunakan oleh tiga pelaku ranmor ketika melawan petugas saat diringkus

Bandung: Tiga pencuri motor asal Lampung ditembak kepolisian Jawa Barat, Minggu dini hari, 19 November 2017. Tiga penyamun berinisial RB, DA, dan APR tewas lantaran melawan petugas saat hendak ditangkap.

"Para pelaku terkena tembakan di bagian badan, lalu di larikan ke Rs Sartika Asih namun para tersangka meninggal dunia di perjalanan," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus, 

Yusri menjelaskan, kelompok kejahatan tersebut sebelumnya sempat berulah dengan mencuri kendaraan motor Honda CBR 150 warna merah di salah satu rumah di Kota Bandung tahun 2016 lalu.

"Ketika akan digerebek dua tersangka yaitu DA dan RB lolos, mereka juga melawan sehingga terjadi baku tembak di Fly Over Cimindi," bebernya.

Selanjutnya, perburuan terhadap para pelaku terus dilakukan hingga akhirnya petugas Dirkrimum Polda Jabar mengetahui keberadaan para pelaku. Selama tiga hari, mereka dibuntuti mulai dari wilayah hukum Polres Cimahi, Sukajadi, Sukasari, Cijerah, Pasteur Kota Bandung. 

"Subuh tadi, petugas berhasil menemukan dan membuntuti pergerakan mereka," paparnya.

Yusri menerangkan, saat kejadian pelaku yaitu APR dan RB mengendarai Avanza Veloz warna putih berpelat E 1842 BU berjalan beriringan bersama DA dengan barang bukti hasil kejahatan yaitu motor jenis vario 150 hitam berpelat D 5916AAB.

"Saat dibuntuti, para tersangka mencurigai anggota dan kabur ke arah Cisaranten dan Cinambo dengan meletuskan tembakan yang diarahkan ke arah anggota sebanyak dua kali. Sehingga terjadi baku tembak antara pelaku dan anggota," terangnya.

Menurutnya, ketiga pelaku bisa dilumpuhkan oleh petugas. Namun nahas tak bisa dihindarkan ketiga pelaku harus meregang nyawa. Kini jenazah ketiganya sudah dibawa, ke RS Sartika Asih Kota Bandung.

"RB diketahui, merupakan residivis dengan kasus yang sama di Lapas Cirebon," pungkasnya.



(ALB)