Bandung Selatan Banjir, Ketinggian Air Capai 2 Meter

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Senin, 26 Feb 2018 13:20 WIB
banjircuaca ekstrem
Bandung Selatan Banjir, Ketinggian Air Capai 2 Meter
Warga menggunakan perahu untuk melintasi banjir di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/2). Sedikitnya 10 kecamatan di kawasan Bandung Selatan kembali dilanda Banjir setinggi 80 cm hingga 2 meter akibat luapan sungai Citarum dan intensita

Bandung: Banjir kembali melanda wilayah Bandung Selatan setelah hujan lebat yang terjadi pada Minggu, 25 Februari 2018. Banjir itu menggenangi tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bojongsoang, Dayeuh Kolot, Bale Endah, ketinggian air di beberapa permukiman penduduk mencapai dua meter. 

"Keadaannya pasang surut, kondisi pagi jelang siang sudah surut, hujan lagi kembali ke semula. Jadi, sore (air) meninggi, sekarang paling tinggi 210 sentimeter," kata Kepala Kedaruratan dan logistik BPBD Kabupaten Bandung Heru Kiyatno, Senin, 26 Februari 2018.

Heru tidak bisa diprediksi secara pasti kapan akan terjadi kenaikan maupun penurunan air banjir. Dia hanya bisa mengimbau kepada warga agar selalu kooperatif dan berkoordinasi, dengan pihak BPBD ketika cuaca ekstrem untuk mengungsi.

"Masyarakat yang membutuhkan bantuan, segera informasikan kepada kami," paparnya.

Yuli, 35, warga Kampung Bolero, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, mengatakan ketinggian air di wilayahnya bervariasi. Ketinggian air dari 30 sentimeter hingga dua meter. 

"Dari kemarin malam hujan lebat hingga menyebabkan banjir dan masih belum surut sampai sekarang. Di Kampung Bojongasih, banjir sampai menutupi atap rumah," kata Yuli.

Saat ini, Yuli sudah mengungsi ke rumah sanak saudara di wilayah Ciparay, Kabupaten Bandung. Ketinggian air di rumahnya mencapai 100 sentimeter.



(ALB)