Massa di Cirebon Tolak Perppu Ormas

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 21 Jul 2017 16:51 WIB
perppu pembubaran ormas
Massa di Cirebon Tolak Perppu Ormas
Massa dari Aliansi Umat Islam Cirebon, berunjuk rasa menolak penerbitan PERPPU --MTVN/Rofahan--

Metrotvnews.com,Cirebon: Massa dari Aliansi Umat Islam Cirebon, berunjuk rasa menolak penerbitan PERPPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan. Mereka menggeruduk gedung DPRD Kota Cirebon.

Pengunjuk rasa menentang pembubaran HTI. Menurut mereka, yang pemerintah harus berangus itu adalah faham komunis.

"Karena kami tidak antipancasila. Karena sila pertama, kami ikut mengaplikasikan dengan menyeru tentang akidah dan ketauhidan,"kata perwakilan Aliansi Umat Islam Cirebon, Salim Bajri, Jumat 21 Juli 2017.

Mereka juga beranggapan, terbitnya Perppu menunjukkan bahwa rezim saat ini otoriter, represif dan diktator. Apalagi, dalam perppu juga dihilangkan proses pengadilan dalam mekanisme pembubaran ormas.

"Perppu ini membuka pintu kesewenang-wenangan. Karena pemerintah akan bertindak secara sepihak dalam menilai,"ujar Saalim Bajri.

Sementara itu, Sumardi perwakilan DPRD Kota Cirebon yang menemui massa mengatakan. Pihaknya akan melayangkan surat ke pemerintah pusat, terkait aspirasi yang disampaikan. Angggota Komisi III ini menyampaikan, pihaknya hanya bisa sebatas menyampaikan aspirasi tersebut.

"Kita akan sampaikan aspirasi tersebut melalui surat ke pemerintah pusat,"kata Sumardi.

Setelah menyampaikan aspirasi, massa membubarkan diri secara damai. Aksi ini dikawal oleh puluhan anggota kepolisian dari Polresta Cirebon. 


(ALB)