Ribuan Orang dari Sumedang Gelar Aksi dan Berdonasi untuk Rohingya

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Jumat, 08 Sep 2017 15:29 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Ribuan Orang dari Sumedang Gelar Aksi dan Berdonasi untuk Rohingya
Massa aksi dan pengumpulan donasi peduli Rohingya di Sumedang. Foto: MTVN/Octavianus Dwi Sutrisno

Metrotvnews.com, Bandung:  Aksi solidaritas terhadap etnis Muslim Rohingya berlangsung di sejumlah wilayah Jawa Barat. Selain di Kota Bandung, aksi longmars juga dilakukan ribuan massa di Sumedang.

Koordinator Forum Solidaritas, Dedi Mulyadi, mengatakan massa juga mengumpulkan donasi selain sekedar aksi mengecam kekerasan etnis di Myanmar.

"Terdaftar ada 3.000 orang. (Longmars) kami start dari Masjid Agung Sumedang hingga ke bunderan Alam Sari (kumpulkan donasi)," ucap Dedi di depan Gedung Negara, Sumedang, Jumat 8 September 2017.

Hasil donasi akan diberikan ke korban konflik Rakhine State. Namun, mereka masih mempertimbangkan, apakah donasi tersebut dikirim langsung ke Rakhine atau ke etnis Rohingya di pengungsian Indonesia.

Forum Komunitas Masyarakat Sumedang menuntut kekerasan dan penganiayaan yang dilakukan oleh negara Myanmar terhadap etnis Rohingya dihentikan. Aksi massa diikuti ribuan orang tersebut pun didukung Bupati Sumedang Eka Setiawan. Eka bahkan terlihat ikut berorasi di depan Gedung Negara, Kabupaten Sumedang.

Dia bersama massa aksi menyuarakan dukungan terhadap etnis muslim Rohingya dan mengutuk kekejaman junta militer Myanmar.

Hingga pukul 14.49 WIB, ribuan massa aksi masih berorasi di Gedung DPRD Kabupaten Sumedang, sambil melanjutkan perjalanan dan mengumpulkan donasi kepada masyarakat hingga ke Alam Sari.


(SUR)