Pemkot Cirebon bakal Gelar Welcome Party PON di Gua Sunyaragi

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 13 Sep 2016 13:00 WIB
pon 2016
Pemkot Cirebon bakal Gelar <i>Welcome Party</i> PON di Gua Sunyaragi
Pengunjung di Gua Taman Sari Sunyaragi Cirebon, MTVN - Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Kota Cirebon, Jawa Barat, turut menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX pada September 2016. Pemerintah kota pun menyiapkan kesenian dan makanan khas Cirebon untuk menjamu atlet PON dan kontingen.

Kepala Bidang Keolahragaan Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Cirebon, Indriawati mengatakan welcome party bakal berlangsung di Taman Sari Gua Sunyaragi pada Jumat 16 September. 

Nuansa Cirebon kental di acara tersebut. Misalnya kesenian khas yang menyemarakkan suasana yaitu tari topeng, tari kipas, dan tarlingan Cirebonan.


(Seniman Aerly Rasinah menampilkan tari topeng khas Cirebon di Jakarta, Ant - Teresia May)

"Nanti tarlingan Cirebonan itu, gabungan antara lagu dan drama khas Cirebonan," kata Indriawati di ruang kerjanya di Cirebon, Selasa (13/9/2016).

Para atlet pun akan mendapat suguhan makanan khas Cirebon. Di antaranya empal gentong, tahu gejrot, dan sirup mangga gedong gincu. 


(Tahu gejrot, salah satu makanan khas Cirebon, MI - Galuh)

Sementara itu, Pemkot juga lebih memilih Taman Sari Gua Sunyaragi ketimbang hotel untuk menjamu atlet. Alasannya, Taman Sari merupakan tempat dengan konsep terbuka. Lebih alami. 

"Nanti di alam terbuka tempatnya, sehingga lebih menarik,” kata Indri.

Gua Sunyaragi berlokasi di Kelurahan Sunyaragi, Cirebon. Lokasi wisata itu berbentuk candi. Konon, gua tersebut merupakan tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon beserta keluarganya.

Cagar budaya itu merupakan sebuah taman air. Dulu, Danau Jati mengelilingi lokasi tersebut. Namun kini, danau mengering. Yang tampak yaitu persawahan, permukiman, dan pembangkit listrik.



(RRN)